Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Saat Teduh tentang Allah setia dan tidak pernah Ingkar janji

 





                                    Allah setia dan tidak pernah Ingkar janji.-saat teduh

Keluaran 3:6, 15 (TB)  Lagi Ia berfirman: "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah. Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

Di pasal 3 ini saya belajar bahwa Allah yang setia dan tidak Ingkar janji. Terhadap umat-Nya, Allah mengkonfirmasi kembali sumpah janji yg diucapkan kepada nenek moyang Bangsa Israel yaitu Abraham Ishak dan Yakub (Kej 12:1-3). Inilah awal misi Allah untuk membebaskan Israel dari Perbudakan di Mesir.

Penerapan

Saya harus hidup setia karena Allah setia dan tidak pernah Ingkar janji.

Keluaran 4:10-11, 13 (TB)  Lalu kata Musa kepada TUHAN: "Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulu pun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hamba-Mu pun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah." Tetapi TUHAN berfirman kepadanya: "Siapakah yang membuat lidah manusia, siapakah yang membuat orang bisu atau tuli, membuat orang melihat atau buta; bukankah Aku, yakni TUHAN? Tetapi Musa berkata: "Ah, Tuhan, utuslah kiranya siapa saja yang patut Kauutus."

Di pasal 4 ini saya mempelajari tentang pribadi Musa yg minder dan tidak percaya diri.

Bahkan sampai dua kali Musa berkata Ah Tuhan hal ini menunjukkan betapa minder, dan tidak Percaya diri. Sampai2 Tuhan marah kepada Musa, Musa lupa bahwa yg sedang berbicara dengan dia adalah Allah yang melampaui batas kemampuan manusia. Dia Allah Terlalu Sanggup.

Penerapan

Saya belajar untuk hidup tidak minder dan tidak membandingkan diri dg orang lain, karena hal itu hanya akan membuat saya tidak mampu mensyukuri apa yg Allah berikan kepada saya.

Keluaran 6:5, 7-8 (TB)  (6-4) tetapi Aku sudah mendengar juga erang orang Israel yang telah diperbudak oleh orang Mesir, dan Aku ingat kepada perjanjian-Ku. (6-6) Aku akan mengangkat kamu menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu, supaya kamu mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Allahmu, yang membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir. (6-7) Dan Aku akan membawa kamu ke negeri yang dengan sumpah telah Kujanjikan memberikannya kepada Abraham, Ishak dan Yakub, dan Aku akan memberikannya kepadamu untuk menjadi milikmu; Akulah TUHAN." 

Di pasal 5-6 ini saya mempelajari Lagi-lagi tentang Tuhan yang tidak Ingkar janji terhadap umat-Nya. Tuhan ingin menunjukkan betapa Dia setia dan memperhatikan kehidupan umat dan peduli terhadap umat-Nya yg ditindas oleh Mesir dg begitu kejam. Tujuan Tuhan mengingat kembali janji-janji-Nya adalah supaya Israel dan saya tau bahwa ada Tuhan yg tidak tinggal diam Dia membela dan membebaskan Umat-nya.

Penerapan

Saya harus hidup setia dan konsisten dengan segala sesuatu yg dikerjakan. Karena Allah terlebih dahulu setia dan konsisten terhadap janji-janji-Nya.

Keluaran 7:3 (TB)  Tetapi Aku akan mengeraskan hati Firaun, dan Aku akan memperbanyak tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang Kubuat di tanah Mesir.  Keluaran 7:5 (TB)  Dan orang Mesir itu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, apabila Aku mengacungkan tangan-Ku terhadap Mesir dan membawa orang Israel keluar dari tengah-tengah mereka." Di pasal 7-12 adalah 10 tulah yg Tuhan buat dan timpakan untuk menghukum Firaun dan Mesir dan supaya mereka tau bahwa Israel punya Allah yg Hebat jauh melebihi allah bangsa2 lain.

Penerapan

Saya harus hidup berkenan di hadapan Allah karena jika saya hidup tidak benar maka hukuman Allah sudah menanti. Selamat hari Minggu . Tuhan Yesus memberkati.

Keluaran 13:5, 8 (TB)  Apabila TUHAN telah membawa engkau ke negeri orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Hewi dan orang Yebus, negeri yang telah dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepadamu, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, maka engkau harus melakukan ibadah ini dalam bulan ini juga. Pada hari itu harus kauberitahukan kepada anakmu laki-laki: Ibadah ini adalah karena mengingat apa yang dibuat TUHAN kepadaku pada waktu aku keluar dari Mesir.

Di pasal 13 ini saya mempelajari tentang Janji dan ketetapan Tuhan yakni harus beribadah 2 kali hal ini diulang yakni untuk mengingat kembali Kuat tangan Tuhan yg membebaskan Umat-Nya dari Perbudakan di Mesir. Supaya Israel menghargai apa yang terjadi di masa lalu.

Penerapan

Saya harus hidup menghargai apa yang telah Tuhan berikan dan percayakan kepada saya sampai hari ini.

 

Keluaran 14:4, 8, 14, 18, 31 (TB)  Aku akan mengeraskan hati Firaun, sehingga ia mengejar mereka. Dan terhadap Firaun dan seluruh pasukannya Aku akan menyatakan kemuliaan-Ku, sehingga orang Mesir mengetahui, bahwa Akulah TUHAN." Lalu mereka berbuat demikian. Demikianlah TUHAN mengeraskan hati Firaun, raja Mesir itu, sehingga ia mengejar orang Israel. Tetapi orang Israel berjalan terus dipimpin oleh tangan yang dinaikkan. TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja."  Maka orang Mesir akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, apabila Aku memperlihatkan kemuliaan-Ku terhadap Firaun, keretanya dan orangnya yang berkuda."  Ketika dilihat oleh orang Israel, betapa besarnya perbuatan yang dilakukan TUHAN terhadap orang Mesir, maka takutlah bangsa itu kepada TUHAN dan mereka percaya kepada TUHAN dan kepada Musa, hamba-Nya itu.

Di pasal 14 ini saya belajar tentang kedaulatan dan rencana Tuhan

1. Tuhan mengeraskan hati Firaun (2 kali di ulang)

2. Tuhan sendiri yg akan berperang (Israel diam saja duduk manis)

3. Supaya Mesir, Firaun dan Israel melihat, tau dan percaya bahwa Dialah Allah penguasa kehidupan manusia Dia Allah yg berdaulat.

Penerapan

Saya harus hidup setia dan taat kepada Allah karena saya tidak mengerti jalan rencana-Nya yg seringkali di luar batas kemampuan berpikir saya. Namun saya tetap berIman teguh.

 

Keluaran 15:2, 13 (TB)  TUHAN itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. Ia Allahku, kupuji Dia, Ia Allah bapaku, kuluhurkan Dia. Dengan kasih setia-Mu Engkau menuntun umat yang telah Kautebus; dengan kekuatan-Mu Engkau membimbingnya ke tempat kediaman-Mu yang kudus.

Di pasal 15 ini saya mempelajari tentang pujian dan syukur Musa kepada Allah.

Karena Kuat tangan penyertaan Tuhan kepada mereka. Menyeberang laut teberau seperti di atas tanah kering dan ttpi Firaun dan tentaranya binasa. Ini hal yg luar biasa Allah dengan kasih setia-Nya menuntun umat, Allah sendiri yang bertindak.

Penerapan

Saya harus hidup mengandalkan Tuhan dalam seluruh aspek kehidupan tanpa keraguan sedikitpun.

Keluaran 16:4, 12-13 (TB)  Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memungut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari, supaya mereka Kucoba, apakah mereka hidup menurut hukum-Ku atau tidak. "Aku telah mendengar sungut-sungut orang Israel; katakanlah kepada mereka: Pada waktu senja kamu akan makan daging dan pada waktu pagi kamu akan kenyang makan roti; maka kamu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, Allahmu." Pada waktu petang datanglah berduyun-duyun burung puyuh yang menutupi perkemahan itu; dan pada waktu pagi terletaklah embun sekeliling perkemahan itu.

Di pasal 16 ini saya mempelajari tentang providensia (pemeliharaan) Allah terhadap umat-Nya dan saya, Allah memberi roti Manna dan burung puyuh untuk menjadi makanan sehari-hari selama 40 tahun lamanya, supaya Israel dan saya ingat bahwa ada tangan Kuat Allah yg terlalu mampu menyertai. Dia memberikan berkat tidak diduga-duga. Dia ingin Israel dan saya tau bahwa Dia ada dan setia terhadap janji-janji-Nya.

Penerapan

Saya belajar untuk hidup tidak khawatir dan meragukan Allah karena sudah terbukti apa yang Israel alami. Dan sampai hari ini Allah juga memberikan kepada saya segala yg dibutuhkan.

Keluaran 17:7 (TB)  Dinamailah tempat itu Masa dan Meriba, oleh karena orang Israel telah bertengkar dan oleh karena mereka telah mencobai TUHAN dengan mengatakan: "Adakah TUHAN di tengah-tengah kita atau tidak?"

Di pasal 17 ini saya mempelajari tentang sifat manusia yg mudah PUTUS ASA dg mudah melupakan dan meragukan Allah padahal baru saja dua peristiwa besar terjadi:

1. Laut teberau terbelah dua

2. Roti dan burung puyuh turun dari langit

Tetapi saat himpitan dan masalah datang Israel lupa bahwa Allah yg terlalu sanggup menolong mereka di masa lalu adalah Allah yang sama.

Penerapan

Saya harus hidup tidak mudah meragukan Allah. Karena saya tau Dia Allah yg sama baik di masa lalu dan masa sekarang.

 

Keluaran 18:1, 8-12 (TB)  Kedengaranlah kepada Yitro, imam di Midian, mertua Musa, segala yang dilakukan Allah kepada Musa dan kepada Israel, umat-Nya, yakni bahwa TUHAN telah membawa orang Israel keluar dari Mesir. Sesudah itu Musa menceritakan kepada mertuanya segala yang dilakukan TUHAN kepada Firaun dan kepada orang Mesir karena Israel dan segala kesusahan yang mereka alami di jalan dan bagaimana TUHAN menyelamatkan mereka. Bersukacitalah Yitro tentang segala kebaikan, yang dilakukan TUHAN kepada orang Israel, bahwa Ia telah menyelamatkan mereka dari tangan orang Mesir. Lalu kata Yitro: "Terpujilah TUHAN, yang telah menyelamatkan kamu dari tangan orang Mesir dan dari tangan Firaun. Sekarang aku tahu, bahwa TUHAN lebih besar dari segala allah; sebab Ia telah menyelamatkan bangsa ini dari tangan orang Mesir, karena memang orang-orang ini telah bertindak angkuh terhadap mereka." Dan Yitro, mertua Musa, mempersembahkan korban bakaran dan beberapa korban sembelihan bagi Allah; lalu Harun dan semua tua-tua Israel datang untuk makan bersama-sama dengan mertua Musa di hadapan Allah.

Di pasal 18 ini saya mempelajari tentang sifat Musa yg berani dan tidak sungkan untuk menyampaikan tentang Allah dan karya-Nya Kepada Mertua, dan akhirnya Yitro percaya kepada Allah Israel, serta mempersembahkan korban. Saya dulu seringkali sungkan berbicara tentang Yesus kepada keluarga dekat dan Inti, takut di katakan sok rohani, sok tau dan sok-sok yg lainnya. Ini adalah salah satu penghambat. Tapi sekarang saya bersyukur bisa menyampaikan tentang Yesus kepada papa mama saya. Nyuruh papa ke gereja dan baca Alkitab.

Penerapan

Saya harus tidak sungkan untuk menyampaikan Tentang Yesus kepada keluarga-keluarga saya.

Mereka butuh Yesus.

Keluaran 19:5-6 (TB)  Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi. Kamu akan menjadi bagi-Ku *kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel."

Di pasal 19 ini Saya mempelajari tentang Tujuan dan Misi Allah memilih bangsa Israel dan saya.

Ada dua persyaratan dan skripteria pemilihan:

1. jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku

2. dan berpegang pada perjanjian-Ku,

Maka ada dua Tujuan pemilihan Allah atas Israel dan saya:

1. maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.

 2. Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus

1 Petrus 2:9 (TB)  Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

 

Ini pemilihan dan hak yg sangat istimewa dari sekian banyak bangsa mengapa hanya Israel dan saya yg dipilih. Itulah Anugerah Allah. Allah mau Israel dan saya menjadi Kudus supaya bisa berhubungan dan berkomunikasi dengan Allah yg Mahakudus.

Penerapan

Saya harus hidup menghargai pilihan dan Anugerah Allah kepada saya, sehingga saya mempergunakan Anugerah itu untuk kemuliaan-Nya. Bukan kemuliaan saya.

Posting Komentar untuk "Saat Teduh tentang Allah setia dan tidak pernah Ingkar janji"