Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

SERI KITAB NABI-NABI KECIL







SERI KITAB NABI-NABI KECIL

Hosea 1:7, 10 (TB)  Tetapi Aku akan menyayangi kaum Yehuda dan menyelamatkan mereka demi TUHAN, Allah mereka. Aku akan menyelamatkan mereka bukan dengan panah atau pedang, dengan alat perang atau dengan kuda dan orang-orang berkuda." Tetapi kelak, jumlah orang Israel akan seperti pasir laut, yang tidak dapat ditakar dan tidak dapat dihitung. Dan di tempat di mana dikatakan kepada mereka: "Kamu ini bukanlah umat-Ku," akan dikatakan kepada mereka: "Anak-anak Allah yang hidup."

Dimulai dari Hosea, dan berakhir di kitab Maleakhi.

Di pasar 1 ini saya belajar tentang Keluarga Hosea sebagai gambaran yg Allah pakai untuk menggambarkan ketidak setiaan Israel. Terasa tidak mungkin seorang nabi Tuhan disuruh menikahi wanita pelacur. Namun hal itu benar2 terjadi karena Allah ingin menunjukkan kepada umat-Nya dan saya, bahwa betapa sakitnya dikhianati dan disakiti. Karena Israel berpaling menyembah dewa2 asing, hidup tidak percaya kepada Tuhan, hidup mereka bobrok dan kacau, Melakukan segala kejahatan.

Penerapan

Keadaan Israel pada zaman Hosea ini persis seperti jaman saya dulu yg tidak kenal Yesus menyembah berhala tdk baca Alkitab, tdk ke gereja, dll. Tetapi saya bersyukur Tuhan memanggil saya dan memungut saya dari sampah dosa, dan pakai menjadi Alat-Nya sampai hari ini. Saya berkomitmen untuk menyerahkan diri sepenuh hati dan sepenuh waktu menjadi pelayan dan rekan kerja-Nya sampai akhir menutup mata.

Hosea 3:5 (TB)  Sesudah itu orang Israel akan berbalik dan akan mencari TUHAN, Allah mereka, dan Daud, raja mereka. Mereka akan datang dengan gementar kepada TUHAN dan kepada kebaikan-Nya pada hari-hari yang terakhir.

Di pasal 2-3 ini saya mempelajari tentang Rekonsiliasi atau pertobatan Israel kepada Allah. setelah melakukan penghianatan.  Dan setelah Allah murka terhadap mereka.

Penerapan

Saat saya melakukan kesalahan saya harus segera mohon ampun kepada Tuhan dan segera bertobat kembali.

Hosea 4:17 (TB)  Efraim bersekutu dengan berhala-berhala, biarkanlah dia!

Di pasal 4 ini saya mempelajari tentang Penyembahan berhala  dan persundalan yg dilakukan Israel persis seperti yg dilakukan oleh keluarga ibu saya dulu. Mereka mempersembahkan sesajian Kepada berhala, dan berhubungan dengan berhala. Tetapi saya bersyukur dan berterima kasih kepada Allah karena saya direbut dari kegelapan Kepada terang yg ajaib. Beroleh Anugerah

Penerapan

Saya harus menolong Keluarga saya khususnya Keluarga dari mama, mereka banyak yang tidak percaya Yesus. Saya harus kasih tau Yesus ke mereka.

Hosea 6:6 (TB)  Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban bakaran.

Di pasal 5-6 ini saya mempelajari tentang Kehendak Tuhan.

Dia menginginkan

 1. Kasih Setia

2. Pengenalan akan Allah

Bukan korban Bakaran dan sembelihan, karena itu hanya ritual agamawi yg tidak penting. Allah ingin hati yg tulus dan murni.

Penerapan

Kehidupan rohani saya bukan sekedar seremonial belaka namun hati yg sungguh2 mengasihi dan takut akan Tuhan.

 

Hosea 11:4 (TB)  *Aku menarik mereka dengan tali kesetiaan, dengan ikatan kasih. Bagi mereka Aku seperti orang yang mengangkat kuk dari tulang rahang mereka; Aku membungkuk kepada mereka untuk memberi mereka makan.

Dari pasal 7-11 saya mempelajari tentang kejahatan, kedegilan, dan penghianatan Bangsa Israel kepada Tuhan, mereka menyembah berhala, bersandar pada manusia, bersandar pada Kekuatan sendiri. Melihat tingkah laku seperti ini sebenarnya Israel patut dan layak menerima hukuman dari Allah. Namun berita bahagianya di pasal 11 ayat 4 ini Dituliskan Aku menarik mereka dengan tali kesetiaan, dengan ikatan kasih. Bagi mereka Aku seperti orang yang mengangkat kuk dari tulang rahang mereka; Aku membungkuk kepada mereka untuk memberi mereka makan Ini yg disebut ANUGERAH Tuhan. Saya belajar bahwa tidk ada yg lebih besar dari kasih Allah termasuk Dosa sekalipun. Kasih Tuhan mengalahkan dosa. Yesus menyelesaikan dosa di kayu salib, memperdamaikan kembali hubungan antara Allah dan manusia yang rusak.

Penerapan

Saya harus mampu mengasihi manusia tanpa syarat apapun. Seperti Tuhan Yesus telah mengasihi saya yg berdosa dan tidak layak.

Hosea 13:4-5 (TB)  Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan *tidak ada juruselamat selain dari Aku.  Akulah yang mengenal engkau di padang gurun, di tanah yang gersang.

Di pasal 12-13 ini saya mempelajari tentang Allah yang memperkenalkan diri kepada Israel dan mengingatkan kembali apa yg telah Dia lakukan di masa lampau bahwa Dia Allah yg harus dikenal, Dia Juruselamat tidak ada yg lain. Bahkan masa sukar di Padang gurun tanah gersang Allah ingatkan kembali bahwa Dia yg berjasa bukan karena Kekuatan umat Israel.

Penerapan

Saya tidak akan pernah lupa akan kebaikan Tuhan dalam kehidupan ini, semua bukan jasa saya, tetapi karena Anugerah-Nya saja. Saya harus menghargai semuanya.

Hosea 14:9 (TB)  (14-10) Siapa yang bijaksana, biarlah ia memahami semuanya ini; siapa yang *paham, biarlah ia mengetahuinya; sebab jalan-jalan TUHAN adalah lurus, dan orang benar menempuhnya, tetapi pemberontak tergelincir di situ.

Di pasal terakhir kitab Hosea di tutup dengan sebuah ayat yang begitu meneguhkan hati dikatakan bahwa yg paham adalah mereka yang bijaksana karena jalan Tuhan itu lurus di sini penulis ingin merangkumkan apa yg sudh terjadi sepanjang kita ini mulai pasal 1 sampai pasal 14. Bahwa semua yg terjadi hanya mampu dimengerti dg kebijakan yg adalah Tuhan sendiri sumber bijaksana itu Tuhan menutup pasal ini dg berkata Jalan-jalan Tuhan itu lurus bagi orang benar yg menempuhnya tetapi pemberontak tergelincir. Ini perbedaan org yg dikenan Tuhan dg yg tidak dikenankan.

Penerapan

Saya harus hidup benar' di hadapan Tuhan. Karena hanya orang benar yg bisa mengerti bahkan paham rencana-Nya yg dalam dan tidak terpikirkan.

Yoel 1:6, 19 (TB)  Sebab maju menyerang negeriku suatu bangsa yang kuat dan tidak terbilang banyaknya; giginya bagaikan gigi singa, dan taringnya bagaikan taring singa betina. Kepada-Mu, ya TUHAN, aku berseru, sebab api telah memakan habis tanah gembalaan di padang gurun, dan nyala api telah menghanguskan segala pohon di padang.

Di pasal 1 kita Yoel saya mempelajari tentang sebuah hukuman dari Tuhan. Begitu ngeri, saya jadi ingat ketika masih di Kalimantan membuat ladang dan suka makan belalang malam hari cari belalang dan gigitan tidak seberapa. Tapi di bagian ini ketika saya belajar bahwa apapun yg Tuhan pakai untuk menghukum manusia karena Dia penciptanya maka akan sangat menakutkan akibatnya, meskipun terlihat enteng kecil dan tak berdaya tetapi kalau Tuhan mau pakai untuk sarana menghukum maka akan sangat menakutkan. Dikatakan gigi dan taringnya seperti gigi dan taring singa. Padahal kalau dilihat belalang itu lucu.

Penerapan

Saya tidak berani main-main dengan Tuhan, yakni menjauhi larangan-Nya. Karena efek dari hukuman Allah sudah terlihat dan itu sangat menakutkan.

Yoel 2:31-32 (TB)  Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dahsyat itu. Dan barangsiapa yang berseru kepada nama TUHAN akan diselamatkan, sebab di gunung Sion dan di Yerusalem akan ada keselamatan, seperti yang telah difirmankan TUHAN; dan setiap orang yang dipanggil TUHAN akan termasuk orang-orang yang terlepas." 

Di pasal 2 ini saya mempelajari tentang akhir Zaman dan akhir dari dunia ini, semua yg menjadi kebanggaan dunia akan lenyap termasuk matahari dan bulan. Semua sistem akan hilang, betapa rapuhnya dan sementara kehidupan ini. Namun saya tidak terlalu khawatir karena dikatakan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan. Berarti semua akan hilang TETAPI Tuhan tetap dan Kekal untuk selamanya. Saya bersyukur dan bahagia ketika sudah terima dan percaya kepada Tuhan Yesus. Dia Raja semesta.

Penerapan

Saya belajar untuk berorientasi kepada hal2 yg bernilai kekekalan. Bukan hal duniawi yg fana ini.

Yoel 3:17-18 (TB)  "Maka kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, adalah Allahmu, yang diam di Sion, gunung-Ku yang kudus. Dan Yerusalem akan menjadi kudus, dan orang-orang luar tidak akan melintasinya lagi. Pada waktu itu akan terjadi, bahwa gunung-gunung akan meniriskan anggur baru, bukit-bukit akan mengalirkan susu, dan segala sungai Yehuda akan mengalirkan air; mata air akan terbit dari rumah TUHAN dan akan membasahi lembah Sitim.

Di pasal 3 ini saya mempelajari tentang sebuah janji Tuhan tentang Masa depan yg gilang-gemilang, janji setia tentang masa pengharapan Masa depan yg Tuhan janjikan. Ini adalah janji tentang sebuah tempat yang indah suatu saat nanti akan terealisasi. Wahyu 22:1 (TB)  Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan kristal, dan mengalir ke luar dari takhta Allah dan takhta Anak Domba itu. Betapa Tuhan itu setia terhadap janji-janji-Nya.

Penerapan

Saya harus hidup setia dalam menjalani kehidupan. Karena Tuhan terlebih dahulu setia. Dan tidak pernah Ingkar janji.

Amos 2:6, 9-10 (TB)  Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Israel, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka menjual orang benar karena uang dan orang miskin karena sepasang kasut;  Padahal Akulah yang memunahkan dari depan mereka, orang Amori, yang tingginya seperti tinggi pohon aras dan yang kuat seperti pohon tarbantin; Aku telah memunahkan buahnya dari atas dan akarnya dari bawah. Padahal Akulah yang menuntun kamu keluar dari tanah Mesir dan memimpin kamu empat puluh tahun lamanya di padang gurun, supaya kamu menduduki negeri orang Amori;

Seri kitab Amos di pasal 1-2 ini saya mempelajari tentang penghukuman Tuhan terhadap bangsa-bangsa. Beberapa nama mulai dari Damsyik sampai Israel Bangsa pilihan-Nya. Hal ini menunjukkan betapa Allah itu Adil dan tidak pandang bulu, terhadap kesalahan umat, dan hal ini menunjukkan bahwa Dia Allah segala bangsa di dunia. Ada hal yang menarik ketika hukum berlaku atas Israel, dua kali kata Padahal Akulah hal ini menunjukkan bahwa Allah yg berjasa membebaskan Israel dari Mesir bukan jasa mereka 40 tahun penyertaan Tuhan nyata namun mereka lupa dan berkhianat terhadap Allah.

Penerapan

Saya harus hidup tidak mudah melupakan kebaikan Tuhan dalam kehidupan saya. Tuhan menolong saya untuk terus ingat bahwa Dia yg berjasa dalam kehidupan saya.

Amos 3:3 (TB)  Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?

Di pasal 3 ini saya mempelajari tentang sebuah kesepakatan bersama, komitmen. Betapa pentingnya janji itu. Konteks ini berbicara tentang Nabi sebagai penyambung lidah Allah kepada umat.

Penerapan

Saya mau belajar untuk hidup punya komitmen yang kuat dan segala hal. Karena komitmen itu sangat penting.

Amos 5:4, 6 (TB)  Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah Aku, maka kamu akan hidup! Carilah TUHAN, maka kamu akan hidup, supaya jangan Ia memasuki keturunan Yusuf bagaikan api, yang memakannya habis dengan tidak ada yang memadamkan bagi Betel.

Di pasal 4-5 ini saya mempelajari tentang keuntungan mencari Tuhan. Kalimat  carilah Tuhan maka kamu akan hidup diulang 2 kali, kata2 yg diulang berarti penting. Tuhan mengajarkan saya dan bangsa Israel untuk senantiasa mencari Tuhan serta mengandalkan Dia bukan mencari dan mengandalkan yang lain, contohnya kekuatan, kepintaran, kehebatan dan lainnya. Di bagian ini kembali ditegaskan bahwa yg HARUS dicari hanya TUHAN saja.

Penerapan

Saya mau belajar untuk senantiasa mencari Tuhan dalam setiap Musim kehidupan saya, saya belajar untuk tidak mengandalkan kekuatan saya. Karena hanya Dia yg mampu.

Amos 9:14-15 (TB)  Aku akan memulihkan kembali umat-Ku Israel: mereka akan membangun kota-kota yang licin tandas dan mendiaminya; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan minum anggurnya; mereka akan membuat kebun-kebun buah-buahan dan makan buahnya. Maka Aku akan menanam mereka di tanah mereka, dan mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah yang telah Kuberikan kepada mereka," firman TUHAN, Allahmu.

Di pasal 6-9 ini saya mempelajari tentang sebuah Pemulihan kembali terjadi terhadap umat-Nya Israel. Setelah dijelaskan penglihatan -penglihatan dan hukum. Tetapi akhirnya Tuhan kembali memulihkan kembali, hubungan itu yg awalnya bangsa pemberontak tegar tengkuk dan penghianat tetapi Dalam Anugerah-Nya umat dipulihkan. Roma 5:10 (TB)  Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya! Sekarang juga hubungan rusak itu diperdamikan oleh kematian Yesus Kristus Sang Juruselamat manusia.

Penerapan

Saya bersyukur dapat percaya kepada Yesus yg adalah Allah pendamai dan sumber damai itu. Saya berkomitmen untuk menyampaikan damai itu kepada org lain.

Obaja 1:15 (TB)  Sebab telah dekat hari TUHAN menimpa segala bangsa. Seperti yang engkau lakukan, demikianlah akan dilakukan kepadamu, perbuatanmu akan kembali menimpa kepalamu sendiri.

Di pagi ini saya masuk seri kitab Obaja meskipun hanya ada 1 pasal dan 21 ayat saya belajar tentang bangsa Edom. Dosa-dosa kesombongan keangkuhan bahkan penindasan terhadap bangsa Israel. Edom menjadi peringatan akan dosa-dosa bangsa-bangsa manusia saat ini yang selalu memiliki semangat yang sama untuk memberontak terhadap sang pencipta. Edom merasa paling kuat dan tidak ada yg dpt menandingi mereka, tetapi pada akhirnya Sang pencipta sendiri yg turun tangan melawan mereka.

Penerapan

Saya belajar untuk tidak Sombong, dan angkuh serta mengandalkan kekuatan saya. Karena saya tau semuanya karena Tuhan. Bukan jasa saya.

Yunus 1:9, 16 (TB)  Sahutnya kepada mereka: "Aku seorang Ibrani; aku takut akan TUHAN, Allah yang empunya langit, yang telah menjadikan lautan dan daratan." Orang-orang itu menjadi sangat takut kepada TUHAN, lalu mempersembahkan korban sembelihan bagi TUHAN serta mengikrarkan nazar.  Pagi ini saya masuk seri kitab Yunus. Di pasal 1 saya mempelajari tentang pribadi Yunus yg meskipun dia mau lari dari panggilan Tuhan, tetapi di saat yg mendesak dia tetap masih bisa bersaksi bahwa dia takut akan TUHAN, sehingga melewati kesaksiannya orang-orang yang ada di kapal itu menjadi Percaya Kepada Tuhan.

Penerapan

Saya harus berani bersaksi Tentang Yesus kepada orang lain, meskipun di tengah situasi yang sulit.

Yunus 2:1-2, 7 (TB)  Berdoalah Yunus kepada TUHAN, Allahnya, dari dalam perut ikan itu, katanya: "Dalam kesusahanku aku berseru kepada TUHAN, dan Ia menjawab aku, dari tengah-tengah dunia orang mati aku berteriak, dan Kaudengarkan suaraku. Ketika jiwaku letih lesu di dalam aku, teringatlah aku kepada TUHAN, dan sampailah doaku kepada-Mu, ke dalam bait-Mu yang kudus.

Di pasal 2 ini saya mempelajari tentang sifat Yunus ketika dalam masalah tantangan bahkan diliputi kematian dia ingat Tuhan Sang penciptanya. Bahwa Tuhan yg sanggup membebaskan, bahkan meluputkan dari kematian. 3 kali diulang bahwa Yunus berseru kepada Tuhan Allahnya. Ini menunjukkan juga bahwa Yunus punya hubungan yg intim dengan Allahnya.

Penerapan

Saya harus hidup senantiasa punya hubungan yg intim dan indah dg Allah. Jangan sampai menunggu di hukum Tuhan baru sadar seperti Yunus. Tetapi saya harus SELALU hidup dalam rel-Nya Tuhan. Tidak melenceng sana sini.

Yunus 3:1-4 (TB)  Datanglah firman TUHAN kepada Yunus untuk kedua kalinya, demikian: "Bangunlah, pergilah ke Niniwe, kota yang besar itu, dan sampaikanlah kepadanya seruan yang Kufirmankan kepadamu."Bersiaplah Yunus, lalu pergi ke Niniwe, sesuai dengan firman Allah. Niniwe adalah sebuah kota yang mengagumkan besarnya, tiga hari perjalanan luasnya. Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru: "Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan."

Di pasal 3 ini saya mempelajari tentang sebuah transformasi atau perubahan hidup Yunus setelah mengalami sebuah pengalaman kelam, dan dihukum oleh Allah. Yunus untuk yg kedua kalinya menerima panggilan dan perintah Tuhan untuk pergi ke Niniwe. Maka Yunuspun bersiap diri lalu pergi, ini bukti ketaatannya. Khotbah terpendek di sepanjang sejarah. "8 kata 50 Huruf"  mampu membuat orang bertobat.

Penerapan

Saya juga harus seperti Yunus, ketika sdh berjumpa dengan Allah saya harus punya perubahan hidup proses seiring berjalannya waktu. Perubahan itu ada, Di mana yg dulunya hidup kurang taat, sesat, kacau balau. Sekarang sudah diperbaharui dalam Yesus.

Yunus 4:2 (TB)  Dan berdoalah ia kepada TUHAN, katanya: "Ya TUHAN, bukankah telah kukatakan itu, ketika aku masih di negeriku? Itulah sebabnya, maka aku dahulu melarikan diri ke Tarsis, sebab aku tahu, bahwa Engkaulah Allah yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia serta yang menyesal karena malapetaka yang hendak didatangkan-Nya. 

Di pasal terakhir kitab Yunus ini saya mempelajari tentang sifat-sifat Allah yang Yunus daftarkan

sebab aku tahu, bahwa Engkaulah:

1. Allah yang pengasih

2. dan penyayang,

3. yang panjang sabar

4. dan berlimpah kasih setia serta

5. yang menyesal

Setelah 5 sifat Allah ini yg Yunus ungkapkan, saya belajar bahwa Yunus punya hubungan yg intim dengan Allahnya karena di pasal 2 dia telah merasakan bagaimana dirinya sendiri yg ditelan ikan besar, dan Tuhanpun menolong.

Penerapan

Saya harus hidup seperti Yunus tidak hanya sekedar tau Allah tetapi benar-benar punya hubungan yg indah dg Dia.

Mikha 1:5 (TB)  Semuanya ini terjadi karena pelanggaran Yakub, dan karenadosa kaum Israel. Pelanggaran Yakub itu apa? Bukankah itu Samaria? Dosa kaum Yehuda itu apa? Bukankah itu Yerusalem?

Di pagi hari ini saya masuk seri kitab Mikha. Di pasal 1 ini saya mempelajari tentang Firman Tuhan datang kepada Nabi Mikha zaman raja-raja Yehuda. Penglihatan yang diijinkan Tuhan untuk Mikha lihat adalah sebuah penghukuman yg besar dari Tuhan karena kesalahan dan pemberontakan umat Israel keturunan Yakub dan saya yg membuat Tuhan sendiri turun tangan untuk menghukum. Ketika melihat penglihatan itu nabi Mikha sedih dan meratap karena begitu dahsyat dan menakutkan akibat dari hukum itu.

Penerapan

Saya harus berusaha belajar selalu hidup benar di hadapan Tuhan. Karena kalau Tuhan yg sudah turun tangan untuk menghukum manusia akibatnya sangat menakutkan. (29-02-2020).

Mikha 2:12-13 (TB)  Dengan sungguh-sungguh Aku akan mengumpulkan engkau seluruhnya, hai Yakub, dengan sungguh-sungguh Aku akan menghimpunkan sisa orang Israel; Aku akan menyatukannya seperti kambing domba dalam kandang, seperti kawanan binatang di tengah-tengah padangnya, sehingga ramai dengan manusia! Penerobos akan maju di depan mereka; mereka akan menerobos dan berjalan melewati pintu gerbang dan akan keluar dari situ. Raja mereka akan berjalan terus di depan mereka, TUHAN sendiri di kepala barisan mereka!

Di pasal 2 ini saya mempelajari tentang sebuah Janji Tuhan bahwa setelah masa kelam dari kehidupan keturunan Yakub dan Israel akan datang suatu saat nanti, Tuhan sendiri akan mengadakan pemulihan. Tuhan yg akan mempersatukan mereka kembali dan menjadi pemimpin barisan mereka. Seperti masa lalu zaman Musa 40 tahun di Padang gurun. Janji Tuhan kembali didengungkan bahwa suatu saat nanti mereka akan dipulihkan. 

Janji ini diberikan kepada sisa-sisa orang Yehuda yang takut akan Tuhan dan sungguh-sungguh dalam Tuhan dengan memegang printah-Nya, karena Tuhan mempunyai kata-kata yang benar dan memberi semangat bagi mereka yang taat kepada-Nya. Pengharapan Israel tidak terdapat pada keberhasilan yang langsung secara politis atau pada pembaharuan tata susila. 

Kemurtadan mereka pada zaman ahas sudah terlalau jauh, walau untuk sementara waktu berkurang pada zaman Hizkia dan Yosia. Tapi masa datang mereka dipautkan kepada golongan kecil orang beriman yang sungguh, yang akan tetap setia kepada Allah melalui penderitaan berat yang akan datang yaitu malapetaka secara kemiliteran dan pembuangan. “dengan sungguh-sungguh aku akan mengumpulkan engkau seluruhnya hai Yabub, yaitu sisa Israel”. Kata Penerobos dari kata Ibrani *Paras yang artinya “membuat lobang” ungkapan ini menunjukan kepada Allah sebagai pembebas umat-Nya dari pembuangan babel.

Penerapan

Saya terus memegang dan mengimani janji Tuhan dalam hidup saya. Karena Dia yg berjanji adalah Allah yang SETIA.

Mikha 3:4 (TB)  Mereka sendirilah nanti akan berseru-seru kepada TUHAN, tetapi Ia tidak akan menjawab mereka; Ia akan menyembunyikan wajah-Nya terhadap mereka pada waktu itu, sebab jahat perbuatan-perbuatan mereka.

Di pasal 3 ini saya mempelajari tentang murka Allah ketika bangsa Israel berseru Allah tidak akan mendengarkan mereka karena terlalu jahat pemberontakan dan penghianatan mereka. Mereka berseru namun Allah memalingkan wajahnya terhadap bangsa itu.

Penerapan

Hal ini yg paling saya takuti ketika Tuhan murka dan sudah tidak mau tau terhadap umat-Nya. Karena kesalahan yang sungguh keterlaluan. Saya berusaha untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah, dengan kekuatan Roh Kudus.

Mikha 4:3 (TB)  Ia akan menjadi hakim antara banyak bangsa, dan akan menjadi wasit bagi suku-suku bangsa yang besar sampai ke tempat yang jauh; mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak, dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang.

Di pasal 4 ini saya mempelajari tentang sebuah Janji Tuhan tentang Pemilihan dan sebuah keadaan yg dinantikan dan rindukan oleh semua orang. Kalau kemarin saya mempelajari tentang penghukuman, hari ini saya mempelajari tentang Sebuah Janji indah dari Tihan. Di mana suatu saat nanti perang tidak ada lagi, yg ada adalah damai sejahtera Allah hadir di tengah-tengah umat.

Wahyu 21:4 (TB)  Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu."  Janji masa depan yang Gemilang-gemilang.

Penerapan.

Saya sangat bahagia punya Allah yg menjamin sebuah kepastian hidup di masa depan. Dia sungguh Tuhan yg jelas. Suatu saat nanti saya akan membagikan cerita ini Kepada orang lain.

Mikha 5:2 (TB)  (5-1) Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.

Di pasal 5 ini saya mempelajari tentang sebuah Nubuatan tentang kelahiran Mesias Yesus Kristus. Yg pada zaman nabi Mikha masih bersifat abstrak, tetapi sekarang Janji itu telah digenapi dalam diri Tuhan Yesus. Alkitab PL dan PB saling mengkonfirmasi bahwa hal itu benar2 terjadi bukan dongeng  atau hayalan para Nabi. Matius 2:5 (TB)  Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:

Penerapan: Saya bahagia dan bersyukur punya keyakinan yang bisa dipertanggungjawabkan. Bukan cerita isapan jempol belaka. Saya mau Terus menyampaikan tentang Yesus kepada orang lain.

Mikha 6:8 (TB)  "Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?"

Di pasal 6 ini saya mempelajari tentang

Apa yg harus dilakukan dan yg  Allah tuntut yaitu;

1. Berlaku adil

2. Mencintai kesetiaan

3. Rendah hati

Tiga hal di atas yg Tuhan inginkan untuk umat-Nya dan saya harus miliki, lakukan, dan terapkan dalam kehidupan. Formula atau pedoman hidup yg sudah Allah sampaikan, bahkan tanyakan kepada umat, Karea bangsa Israel pada waktu itu seringkali melupakan hal-hal penting, mereka lebih memilih untuk menyembah berhala dan memberontak terhadap Allah. Itulah sebabnya Allah ingatkan kembali melalui Nabi Mikha.Supaya mereka jangan terlalu jauh  terhanyut dalam dosa.

Penerapan

Saya berusaha untuk menerapkan ketiga hal di atas, dengan pertolongan Tuhan. Yaitu saya harus hidup adil, setia dan rendah hati.

Mikha 7:18-19 (TB)  Siapakah Allah seperti Engkau yang mengampuni dosa, dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa milik-Nya sendiri; yang tidak bertahan dalam murka-Nya untuk seterusnya, melainkan berkenan kepada kasih setia? Biarlah Ia kembali menyayangi kita, menghapuskan kesalahan-kesalahan kita dan melemparkan segala dosa kita ke dalam tubir-tubir laut.

Di pasal 7 terakhir dari Kitab nabi Mikha ini di tutup dengan sebuah pelajaran yang sangat indah, 7 pasal sepanjang kitab ini menuliskan tentang dosa dan pemberontakan umat manusia kepada Allah. Setelah saya membaca pasal per pasal harusnya manusia layak dimurkai dan dihukum. TETAPI malah sebaliknya. Di Pagi ini di bagian terakhir ini. Allah yg Berlimpah dengan kasih setia-Nya. Dia mengampuni, Dia menghapus segala pelanggaran2 bahkan dikatakan Allah melemparkan segala dosa ke tubir2 laut dosa manusia tidak diperhitungkan Karena KASIH SEJATI-Nya.

Penerapan

Saya berbahagia memiliki Allah yang seperti ini, Dia Allah yg KASIH. Karena saya sadar bahwa standar Allah itu SEMPURNA. Itu sebabnya Saya sama sekali tidak bisa mencapai apa yang Allah TUNTUT itu. Itulah sebabnya Dia yg Mencari saya dan membawa kembali kepada hubungan yg indah. Dia tau saya tidak berdaya.

Nahum 1:2-3 (TB)  TUHAN itu Allah yang cemburu dan pembalas, TUHAN itu pembalas dan penuh kehangatan amarah. TUHAN itu pembalas kepada para lawan-Nya dan pendendam kepada para musuh-Nya. TUHAN itu panjang sabar dan besar kuasa, tetapi Ia tidak sekali-kali membebaskan dari hukuman orang yang bersalah. Ia berjalan dalam puting beliung dan badai, dan awan adalah debu kaki-Nya.

Pagi ini saya masuk seri kitab Nahum Di pasal 1 ini saya mempelajari tentang sifat-sifat Allah khususnya dua sifat yaitu Dia adalah Allah yang Adil dan sekaligus Kasih. Dua sifat ini HANYA dapat bersatu ketika Yesus Kristus mati di kayu salib. Allah kasih tidak mau menghukum manusia tetapi pada sisi yg lain Allah Adil dan harus menghukum. Di bagian ini diceritakan tentang kehancuran kota Niniwe, cerita ini sebagai peringatan kepada bangsa lain yg tidak mau mengenal Allah. Allah membalas perbuatan manusia sesuai dengan perbuatannya.

Penerapan

Saya harus melakukan segala sesuatu dengan tekun dan tulus, karena saya tau Allah memperhitungkan dan membalas apa yg saya lakukan. Baik dan buruk. (07-03-2020).

Habakuk 2:4 (TB)  Sesungguhnya, orang yang membusungkan dada, tidak lurus hatinya, tetapi orang yang benar itu akan hidup oleh percayanya.  Dari ayat ini Allah berbicara kepada saya bahwa ketika saya membusungkan dada atau sombong itu tandanya saya sedang tidak lurus hati atau tidak benar. Kalau saya hidup benar maka saya hidup oleh percaya, artinya Allah mau supaya saya terus hidup benar dan mengandalkan kekuatan-Nya saja. (08-03-2020 kata-kata pembuka lain )

Habakuk 3:19 (TB)  ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku. (Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi).

Allah yg menjadi kekuatan dalam kehidupan saya bukan yang lain. Dia akan memampukan saya melewati masa sulit dan masa sukar sekalipun. Di ayat digambarkan seperti kaki rusa yang mampu berjejak di bukit.

Zefanya 2:3 (TB)  Carilah TUHAN, hai semua orang yang rendah hati di negeri, yang melakukan hukum-Nya; carilah keadilan, carilah kerendahan hati; mungkin kamu akan terlindung pada hari kemurkaan TUHAN.  Allah berbicara melalui ayat ini kepada saya secara pribadi untuk mencari Allah bukan yg lain.

Penerapan

Saat ada masalah saya akan mencari dan memohon pertolongan Tuhan bukan mencari pertolongan kepada yg lain. (Koreksi: Pagi ini Allah berbicara kpd sy utk berserah penuh kpd Nya, tdk mengandalkan diri sendiri, ttp memohon kekuatan dr Tuhan sbg sumber pertolongan sy.) (tgl 10 maret 2020 berubah kalimat pembuka saat teduhnya)

Hagai 1:13 (TB)  Maka berkatalah Hagai, utusan TUHAN itu, menurut pesan TUHAN kepada bangsa itu, demikian: "Aku ini menyertai kamu, demikianlah firman TUHAN."

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya bahwa Dia menyertai saya. Saya tidak perlu takut dalam menghadapi apapun. Dlm menghadapi dosen2 dan yg lain kiranya penyertaan Tuhan nyata atas diri saya.

 

Hagai 2:4-5 (TB)  (2-5) Tetapi sekarang, kuatkanlah hatimu, hai Zerubabel, demikianlah firman TUHAN; kuatkanlah hatimu, hai Yosua bin Yozadak, imam besar; kuatkanlah hatimu, hai segala rakyat negeri, demikianlah firman TUHAN; bekerjalah, sebab Aku ini menyertai kamu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, (2-6) sesuai dengan janji yang telah Kuikat dengan kamu pada waktu kamu keluar dari Mesir. Dan Roh-Ku tetap tinggal di tengah-tengahmu. Janganlah takut!

Di pagi hari ini Allah berbicara kepada saya melalui Firman-Nya yg saya baca dan renungkan, 3 kali frasa kuatkanlah hatimu diulang dan di tutup dengan kalimat jangan takut Kedua frasa ini cukup menjadi bukti bagi saya bahwa betapa Seriusnya Tuhan jika Dia berjanji dan berfirman. Saya percaya firman ini tdk hanya untuk org2 di zaman Hagai, tetapi untuk saya juga yg hidup di zaman ini. Untuk tidak perlu ragu,  ciut dan patah semangat dalam menjalani kehidupan. Dalam menghadapi tantangan apapun, Dia Allah yg berjanji adalah Allah yang SETIA. Yg tdk pernah meninggalkan saya, dan yg tdk pernah membiarkan saya.

Maleakhi 2:6 (TB)  Pengajaran yang benar ada dalam mulutnya dan kecurangan tidak terdapat pada bibirnya. Dalam damai sejahtera dan kejujuran ia mengikuti Aku dan banyak orang dibuatnya berbalik dari pada kesalahan.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya. Bahwa saya akan menjadi seorang pelayan-Nya dalam damai sejahtera dan kejujuran mengikuti Dia untuk mengerjakan dan menunaikan tugas pelayanan yang sudah Ia percayakan kepada saya untuk saya kerjakan, Misi-Nya jelas bagi kehidupan saya. Dan melalu ayat ini Allah berbicara bahwa ada banyak org yg akan berbalik dari kesalahannya hasil dari pelayanan saya. Dan saya terus mengimani janji Tuhan ini, saya terus mendoakan dan memegang dg setia dan tulus. Dan mengerjakan misi ini. Melalui Saya melanjutkan PA rutin  dg teman2 PA yg sdh ada 2 kali dalam sebulan. (Seperti selama ini).

 

Maleakhi 3:17 (TB)  Mereka akan menjadi milik kesayangan-Ku sendiri, firman TUHAN semesta alam, pada hari yang Kusiapkan. Aku akan mengasihani mereka sama seperti seseorang menyayangi anaknya yang melayani dia.

Pagi ini melalui Firman yg saya baca, Allah berbicara bahwa  saya akan menjadi milik kesayangan-Nya, Tuhan memberikan kasih yg kekal itu kepada saya. Seperti seorang ayah menyayangi anaknya. Bahkan jauh dari pada itu, mungkin orang tua saya di dunia meninggalkan saya, mengecewakan saya. Tidak selalu ada dalam setiap Musim kehidupan saya. NAMUN saya tdk akan sedih dan khawatir karena Allah adalah orang tua saya yg selalu ada untuk saya, yg tidak pernah meninggalkan dan mengecewakan saya, dalam hal apapun.

Maleakhi 4:2 (TB)  Tetapi kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya. Kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak lembu lepas kandang.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa ketika janji tentang sebuah Nubuatan masa depan ada harapan bagi saya yg Percaya Kepada Tuhan, akan ada jaminan kebahagiaan akan terbit Surya kebenaran   bagian saya saat ini adalah terus hidup setia mengiring Tuhan hidup memuliakan Dia dan berkenan kepada-Nya, sembari menanti janji-Nya.


Posting Komentar untuk "SERI KITAB NABI-NABI KECIL"