Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Seri Kitab Yosua

 





                                                        Seri Kitab Yosua-saat teduh

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Yosua 1:8 TB

Di pasal 1 ini saya belajar bahwa Tuhan mau Yosua merenungkan Taurat Tuhan siang malam, supaya beruntung dan berhasil.

Penerapannya

jika saya mau beruntung dan berhasi maka Firman Allah harus menjadi yg utama dalam kehidupan saya.

Kata mereka kepada Yosua: “ Tuhan telah menyerahkan seluruh negeri ini ke dalam tangan kita, bahkan seluruh penduduk negeri itu gemetar menghadapi kita.”

Yosua 2:24 TB

 

Rencana Tuhan pasti terjadi, tidak bisa digagalkan oleh apapun.

 Penerapan

Saya harus taat pada kehendak Tuhan, karena Dia yg mengatur segala sesuatu dalam kehidupan saya dan saya harus juga rajin membaca Alkitab supaya tau, apa kehendak-Nya untuk saya.

Dan Tuhan berfirman kepada Yosua: “Pada hari inilah Aku mulai membesarkan namamu di mata seluruh orang Israel, supaya mereka tahu, bahwa seperti dahulu Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau. Lagi kata Yosua: “Dari hal inilah akan kamu ketahui, bahwa Allah yang hidup ada di tengah-tengah kamu dan bahwa sungguh-sungguh akan dihalau-Nya orang Kanaan, orang Het, orang Hewi, orang Feris, orang Girgasi, orang Amori dan orang Yebus itu dari depan kamu:

Yosua 3:7, 10 TB

 

Penyertaan Tuhan Nyata kepada Yosua sebagai pemimpin dan Umat Israel ketika mereka hidup taat dan tidak menyimpang Dari ketetapan Tuhan

Sehingga bangsa2, dihalau dari mereka supaya perjalanan mereka aman.

 

Penerapan

Saya belajar dari kisah ini Yosua yg takut akan Tuhan 

 Tetapi Yosua telah memerintahkan kepada bangsa itu, demikian: “Janganlah bersorak dan janganlah perdengarkan suaramu, sepatah kata pun janganlah keluar dari mulutmu sampai pada hari aku mengatakan kepadamu: Bersoraklah! -- maka kamu harus bersorak.” Lalu pada ketujuh kalinya, ketika para imam meniup sangkakala, berkatalah Yosua kepada bangsa itu: “Bersoraklah, sebab Tuhan telah menyerahkan kota ini kepadamu! Dan Tuhan menyertai Yosua dan terdengarlah kabar tentang dia di seluruh negeri itu.

Yosua 6:10, 16-16, 27 TB

 

Yosua sebagai pemimpin berhasil meruntuhkan tembok Yerikho bersama Bangsa Israel

karena Yosua mengandalkan Tuhan dan team yakni Israel taat mau bekerja sama, mendengarkan Instruksi dari Yosua.

 

Penerapan

Saya belajar bahwa keberhasilan dalam kehidupan apabila:

1. Saya mengandalkan Tuhan bukan Hikmad saya.

2. Saya butuh team atau komunitas yg saling mendukung, kerjasama, dan taat.


Lalu Akhan menjawab Yosua, katanya: “Benar, akulah yang berbuat dosa terhadap Tuhan , Allah Israel, sebab beginilah perbuatanku: aku melihat di antara barang-barang jarahan itu jubah yang indah, buatan Sinear, dan dua ratus syikal perak dan sebatang emas yang lima puluh syikal beratnya; aku mengingininya, maka kuambil; semuanya itu disembunyikan di dalam kemahku dalam tanah, dan perak itu di bawah sekali.”

Yosua 7:20-21 TB

 

Akhan menjadi penyebab malapetaka bagi Israel karena korupsi mengambil semua barang2 yg harusnya tidak boleh diambil.

 

Penerapan

saya belajar dan berdoa kepada Tuhan melalui pembelajaran kisah ini, untuk tidak terpana dg materi dunia yg sementara, sehingga tidak fokus pada Tuhan.


Lalu berfirmanlah Tuhan kepada Yosua: “Acungkanlah lembing yang ada di tanganmu ke arah Ai, sebab Aku menyerahkan kota itu ke dalam tanganmu.” Maka Yosua mengacungkan lembing yang di tangannya ke arah kota itu. Jumlah semua orang yang tewas pada hari itu, baik laki-laki maupun perempuan, ada dua belas ribu orang, semuanya orang Ai.

Yosua 8:18, 25 TB

 

Yosua sebagai pemimpin peka dan taat dg Suara Tuhan, kemenangan melawan bangsa Ai karena dia mengatur strategi dalam penyerangan itupun hikmat dari Tuhan.

 

Penerapan

Saya belajar seperti Yosua sebagai pemimpin yang peka akan suara Tuhan, kalau dulu Tuhan bicara Langsung dg Yosua, sekarang Tuhan bicara melalui Firman-Nya, saya harus setia komitmen baca Firman.

dan kasut yang buruk-buruk dan ditambal untuk dikenakan pada kaki mereka dan pakaian yang buruk-buruk untuk dikenakan oleh mereka, sedang segala roti bekal mereka telah kering, tinggal remah-remah belaka. Lalu orang-orang Israel mengambil bekal orang-orang itu, tetapi tidak meminta keputusan Tuhan . Lalu Yosua memanggil mereka dan berkata kepada mereka, demikian: “Mengapa kamu menipu kami dengan berkata: Kami ini tinggal sangat jauh dari pada kamu, padahal kamu diam di tengah-tengah kami?

Yosua 9:5, 14-14, 22 TB

 

Bangsa Israel dan Yosua sebagai pemimpin tidak peka, tidak meminta petunjuk Tuhan, ini dua kecerobohan yg dilakukan sehingga orang Gibeon berhasil Menipu mereka.

 

Penerapan

dalam kehidupan ini banyak hal yg tidak kasat mata, di luar pengetahuan dan nasehat saya sebagai manusia, itu sebabnya, saya perlu sekali untuk selalu meminta hikmat kepada Tuhan, melalui saat teduh, baca Alkitab, dan berdoa.


Lalu Tuhan berkata kepada Yosua: “Janganlah takut menghadapi mereka, sebab besok kira-kira waktu ini Aku menyerahkan mereka mati terbunuh semuanya kepada orang Israel. Kuda mereka haruslah kamu lumpuhkan dan kereta mereka haruslah kamu bakar dengan api.” Dan Tuhan menyerahkan mereka kepada orang Israel. Mereka dikalahkan dan dikejar sampai Sidon-Besar dan sampai Misrefot-Maim, dan sampai lembah Mizpa yang di sebelah timur. Demikianlah mereka dihancurkan, sehingga tidak seorang pun dari mereka yang dibiarkan lolos. Yosua melakukan terhadap mereka seperti yang difirmankan Tuhan kepadanya: kuda mereka dilumpuhkan dan kereta mereka dibakar dengan api.

Yosua 11:6‭, ‬8‭-‬9 TB

Yosua lagi2 dibela Tuhan bahkan Tuhan sendiri yg berperang membantu Israel.


Penerapan

saya belajar untuk tidak takut menghadapi segala hal di dunia ini karena ada Tuhan yg beserta, ketika saya hidup dengan penuh penyerahan di hadapan-Nya

 

Yosua lagi2 dibela Tuhan bahkan Tuhan sendiri yg berperang membantu Israel.

Hanya kepada suku Lewi tidak diberikan milik pusaka: yang menjadi milik pusakanya ialah Tuhan , Allah Israel, seperti yang dijanjikan-Nya kepada mereka.  Tetapi kepada suku Lewi Musa tidak memberikan milik pusaka: Tuhan , Allah Israel, Dialah yang menjadi milik pusaka mereka, seperti yang dijanjikan-Nya kepada mereka.

Yosua 13:14‭, ‬33 TB


Saat orang israel berhasil merebut seluruh daerah Kanaan dan sekitarnya di bawah pimpinan Yosua, yakni Negeri yg berlimpah susu dan madunya, negeri yg dijanjikan Allah dg Sumpah kepada Abraham, Ishak, dan Yakub untuk menjadi milik mereka.

tetapi Suku Lewi tidak mendapatkan Milik Pusaka karena mereka Bertugas melayani Tuhan di Bait Suci-Nya.


Penerapan

Saya belajar dari Suku Lewi ini bahwa meskipun tidak dibagikan milik pusaka, mereka tidak protes kepada Tuhan, dan tidak iri hati kepada suku-suku yg lain. namun Tuhanlah bagian mereka.

saya sebagai pelayan Tuhan tidak perlu khawatir karena kecukupan Tuhan sendiri yg Sediakan. karena ada bagian2 yg org lain tidak bisa kerjakan. seperti Suku Lewi, hanya mereka yg Bisa mempersembahkan Korban kepada Tuhan mewakili suku2 lain.

Aku berumur empat puluh tahun, ketika aku disuruh Musa, hamba Tuhan itu, dari Kadesh-Barnea untuk mengintai negeri ini; dan aku pulang membawa kabar kepadanya yang sejujur-jujurnya. Sedang saudara-saudaraku, yang bersama-sama pergi ke sana dengan aku, membuat tawar hati bangsa itu, aku tetap mengikuti Tuhan , Allahku, dengan sepenuh hati. Pada waktu itu Musa bersumpah, katanya: Sesungguhnya tanah yang diinjak oleh kakimu itu akan menjadi milik pusakamu dan anak-anakmu sampai selama-lamanya, sebab engkau tetap mengikuti Tuhan , Allahku, dengan sepenuh hati. 

Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan Tuhan pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin Tuhan menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan Tuhan .”  Itulah sebabnya Hebron menjadi milik pusaka Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, sampai sekarang ini, karena ia tetap mengikuti Tuhan , Allah Israel, dengan sepenuh hati.

Yosua 14:7‭-‬9‭, ‬12‭, ‬14 TB


Sosok Kaleb Bin Yefune muncul sejak zaman Musa menyuruh mengintai tanah Kanaan dia jujur serta mengikuti Allah dg sepenuh hati dan sampai Yosua, dia setia dan sabar meskipun dalam kurun waktu 40 tahun, namun kesabaran dalam penantian yg panjang ini tdk sia2 dia mendapat juga apa yg dijanjikan Musa dulu yakni milik pusaka.


Penerapan

Saya belajar taat,setia, dan sabar menanti janji Tuhan.

seperti Kaleb.

dengan terus memegang janji Firman Tuhan dg sepenuh hati.

: Sesuai dengan titah Tuhan , mereka memberikan kepadanya kota yang dimintanya, yakni Timnat-Serah di pegunungan Efraim. Kota itu dibangunnya dan menetaplah ia di sana.  Itulah milik pusaka yang diperundikan di antara suku-suku orang Israel di Silo oleh imam Eleazar, oleh Yosua bin Nun dan oleh para kepala kaum keluarga di hadapan Tuhan di depan pintu Kemah Pertemuan. Demikianlah diselesaikan mereka pembagian negeri itu.

Yosua 19:50‭-‬51 TB


Yosua sebagai pemimpin dalam pembagian Tanah milik pusaka dia bertindak adil bahkan bertanya kepada Tuhan terlebih dahulu sebelum membuang undi dalam proses pembagian, Yosua tidk mengklaim dan mengambil untuk dirinya yg paling banyak, tetapi adil dan merata Karena dalam proses pembagiannya diundi.


Penerapan

saya belajar dari kisah ini, Yosua pribadi yg berhikmad karena Musa sebagai Gurunya sudah mengajarkan Yosua untuk bertindak sesuai titah Tuhan dalam hal apapun, itu sebabnya benih itu tumbuh meskin Musa sekian lama sudh tidak ada bersama dg Yosua.

namun keadilan dan Takut Tuhan masih dia teruskan sampai hari tuanya.

saya bersyukur untuk orang tua rohani saya sudh menanamkan Nilai Kehidupan yg bermakna bagi saya, dan saya akan meneruskannya untuk masa2 mendatang.

 Kamu tidak meninggalkan saudara-saudaramu selama waktu ini, sampai sekarang, tetapi kamu setia memelihara perintah Tuhan , Allahmu, kepadamu. Tetapi sekarang Tuhan , Allahmu, telah mengaruniakan keamanan kepada saudara-saudaramu, seperti yang dijanjikan-Nya kepada mereka. Oleh sebab itu, pulanglah ke kemahmu, ke tanah milikmu, yang telah diberikan kepadamu oleh Musa, hamba Tuhan itu, di seberang Yordan. Hanya, lakukanlah dengan sangat setia perintah dan hukum, yang diperintahkan kepadamu oleh Musa, hamba Tuhan itu, yakni mengasihi Tuhan , Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, tetap mengikuti perintah-Nya, berpaut pada-Nya dan berbakti kepada-Nya dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.”

Yosua 22:3‭-‬5 TB


Israel setia berpaut dan memelihara perintah Allah setelah perjalanan panjang dalam kurun waktu yg lama mereka tetap mengasihi dan menuruti Perintah dan ketetapan2 itu.


Penerapan

saya juga belajar setia kepada Tuhan, berpaut dan berbakti dg segenap hati bukan setengah2.

 

Kuatkanlah benar-benar hatimu dalam memelihara dan melakukan segala yang tertulis dalam kitab hukum Musa, supaya kamu jangan menyimpang ke kanan atau ke kiri, Tetapi kamu harus berpaut pada Tuhan , Allahmu, seperti yang kamu lakukan sampai sekarang. Bukankah Tuhan telah menghalau bangsa-bangsa yang besar dan kuat dari depanmu, dan akan kamu ini, seorang pun tidak ada yang tahan menghadapi kamu sampai sekarang.

Yosua 23:6‭, ‬8‭-‬9 TB


Yosua sebagai pemimpin sudah tau kapan dia harus pergi meninggalkan bangsa itu


Penerapan

Dalam pesan terakhir pidato perpisahan ini saya belajar menguatkan hati untuk memelihara dan melakukan Firman Allah seperti pesan Yosua kpd Bangsa Israel.

 

Demikianlah Kuberikan kepadamu negeri yang kamu peroleh tanpa bersusah-susah dan kota-kota yang tidak kamu dirikan, tetapi kamulah yang diam di dalamnya; juga kebun-kebun anggur dan kebun-kebun zaitun yang tidak kamu tanami, kamulah yang makan hasilnya.  Oleh sebab itu, takutlah akan Tuhan dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan setia. Jauhkanlah allah yang kepadanya nenek moyangmu telah beribadah di seberang sungai Efrat dan di Mesir, dan beribadahlah kepada Tuhan . Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada Tuhan , pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada Tuhan !”

Yosua 24:13‭-‬15 TB


Yosua meneguhkan kembali iman bangsa Israel menjelang kematiannya, Yosua mengingatkan Betapa Tuhan Sungguh baik kpd Israel mereka nikmati tanah Kanaan yg berlimpah susu dan madunya, itu semua karena Tuhan, Yosua mau bangsa itu tetap setia, tulus dan ikhlas kepada Tuhan.


Penerapan

Saya belajar untuk tidak mudah berkhianat kepada Tuhan, karena Tuhan sangat membenci Pengkhianatan.


Posting Komentar untuk "Seri Kitab Yosua"