Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Seri Surat Paulus kepada Jemaat

 





                                        Seri Surat Paulus kepada Jemaat-jemaat-saat teduh

1 Korintus 3:16 (TB)  Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? 

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa saya adalah baik Allah dan Roh Kudus diam di dalam saya, artinya saya harus sadar diri dan harus tau bahwa dalam kehidupan saya ada Roh Kudus jadi kehidupan saya seharusnya mencerminkan kepribadian Roh Kudus. Roh Kudus yg menginsafkan saya dari dosa, yg menghibur, menolong,  melahirbarukan, membimbing dan memberikan kekuatan.

1 Korintus 9:16 (TB)  Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa ketika saya sudah memberitakan Injil tidak perlu bermegah, atau menyombongkan diri menganggap bahwa diri saya berjasa, karena memang memberitakan Injil itu adalah suatu KEHARUSAN untuk saya kerjakan. Dan jika saya tidak memberitakan Injil Kristus saya rugi, bahkan dikatakan Celakalah saya artinya TIDAK BISA TIDAK untuk memberikan INJIL. Itu sesuatu yang harus saya kerjakan, WAJIB Selama ini saya membagi Injil minimal kepada 2 org setiap bulan.

1 Korintus 13:8 (TB)  Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

 

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa Kasih menempati urutan pertama dari yg lain. Sepanjang pasal  1 Korintus 13 ini bicara tentang KASIH, yg paling bernilai di ayat hangat kpd saya adalah di ayt 8, dan dlm bagian ini mengingatkan saya bahwa Kasih itu bernilai Kekekalan, tidk pudar dan berakhir. Yg lain akan hilang lenyap dan berhenti tetapi KASIH akan terus eksis sampai selama-lamanya. Bagian ini juga mengingatkan saya untuk tdk menyombongkan diri dg segala sesuatu contoh bisa bernubuat, bahasa Roh dan punya pengetahuan, Karena semuanya itu akan sirna. Kasihlah yg utama, Tuhan mau supaya saya punya KASIH SEJATI seperti Kasih-Nya yg rela tinggalkan Sorga demi saya yg berdosa, supaya selamat.

 

1 Korintus 15:58 (TB)  Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

Di pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa saya harus giat dalam pekerjaan Tuhan, di sini dalam konteks kehidupan saya pekerjaan Tuhan adalah semua apa yg Tuhan percayakan untuk saya kerjakan baik Penginjilan, Pemuridan, dan pelayanan di gereja. Tuhan menyegarkan saya kembali supaya giat karena segala sesuatu tidak pernah sia2 Tuhan akan memperhitungkannya. Jarih payah tdk sia2 Dia sdh sediakan upahnya, bagian saya adalah melakukannya dengan baik dan tekun.

 

2 Korintus 2:15 (TB)  Sebab bagi Allah kami adalah bau yang harum dari Kristus di tengah-tengah mereka yang diselamatkan dan di antara mereka yang binasa.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa kehidupan sehari-hari saya harus menjadi berkat, bau yg harum artinya kehidupan yg memberkati org lain baik yg sudah percaya maupun yg belum. Seperti bunga yang mengeluarkan harumnya semerbak wangi demikian Tuhan mau kehidupan saya juga mengeluarkan harumnya semerbak bagi Dunia di manapun saya berada. Sehingga sinar kemuliaan Tuhan dipancarkan dari kehidupan saya, org lain terberkati. Melalui tutur kata, jejak langkah dan apapun yg saya kerjakan.

 

2 Korintus 4:16 (TB)  Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa tdk perlu tawar hati atau hilang harapan, meskipun tubuh jasmani semakin merosot, artinya tubuh jasmani ini tidak seperti 5 tahun lalu 10 tahun lalu. Namun saya diajarkan untuk tdk perlu khawatir takut dan cemas, karena manusia batiniah atau manusia rohani saya yg tdk kelihatan akan terus diperbaharui, artinya Allah memberikan kekuatan iman sebagai jaminan bagi hidup saya. Meskipun demikian saya ttp bertanggung jawab untuk terus menjaga kesehatan dll.

 

2 Korintus 5:1 (TB)  Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat *kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.

 

Di subuh ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa meskipun kemah di dunia dibongkar, yakni Tuhan panggil saya untuk kembali menghadap Dia maka saya sangat siap, karena Allah sudah dan berjanji bahwa Dia akan menyediakan, menyiapkan suatu tempat atau kediaman bagi saya di Sorga yg tdk dibuat oleh tangan manusia. Janji ini merupakan sebuah janji penguatan sekaligus sebagai jaminan Kekal untuk saya dan setiap org yg percaya, jadi meskipun dalam situasi dan kondisi apapun di dunia ini saya sudah SIAP untuk kembali ke hadapan Allah kapan saja. Yesus juga pernah berkata Yohanes 14:3 (TB)  Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada. Janji ini terus saya klaim Karena Dia yg berjanji adalah SETIA.

 

Galatia 1:10 (TB)  Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa orientasi dan tujuan kehidupan saya di dunia ini adalah Omega point nya adalah Allah dan segala sesuatu yg bernilai kekekalan bukan hal2 fana duniawi dan sementara ini. Itu sebabnya goal atau tujuan akhir dari kehidupan dan segala sesuatu yg saya lakukan, kerjakan dan jalani di dunia ini harus fokus dan pusatnya adalah Kepada Allah, bukan kepada hal2 duniawi. Jika tidak demikian dan jika saya masih ingin mendapatkan pengakuan, pembenaran, dan pujian manusia maka saya sama sekali bukan hamba Kristus. Kiranya Allah Roh Kudus memampukan saya untuk hidup terus dan senantiasa berpusat kepada Allah saja, dalam seluruh aspek kehidupan saya.

 

Galatia 3:29 (TB)  Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa saya memang bukan keturunan Abraham secara jasmani, tetapi keturunan Abraham secara rohani yaitu mewarisi Iman Abraham. Abraham diberikan dan dipercayakan Allah untuk menerima janji-janji-Nya, bermula dari Kejadian 12:1-3 supaya Keselamatan sampai kepada bangsa-bangsa lain. Melalui Yesus Kristus yang saya percayai, maka saya juga berharap menerima dan mengklaim semua Janji2 Tuhan. Bagian saya saat ini adalah mengimani janji Tuhan yg saya pegang dan doakan. Membawa jiwa2 Kepada Yesus melalui penginjilan dan Pemuridan.

 

Efesus 1:4-5 (TB)  Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.

Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya, Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa saya telah dipilih sebelum dunia dijadikan supaya saya percaya kepada Yesus Kristus, saya ditentukan dalam KASIH KARUNIA ALLAH supaya menjadi anak-Nya. Saya patut bersyukur dan bahagia untuk keberuntungan yang besar ini. Dalam kerelaan hati Allah telah menetapkan dan menentukan saya menjadi Anak-Nya, ahli waris-Nya, inilah sebuah janji PASTI bagi saya. Sebuah jaminan hidup bahkan di dunia yg akan datang.

 

Efesus 2:13 (TB)  Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa dulu saya jauh dari Tuhan, tidak mengenal Dia, hidup dalam kegelapan dosa, binasa, sesat tanpa tujuan. Namun syukur kepada Allah, oleh Yesus Kristus yang datang dan menyelamatkan saya dan membawa saya kembali kepada terang-Nya yg ajaib melalui Pengorbanan dan kematian-Nya di kalvari membawa saya dekat dengan Dia bahkan keselamatan kekal menjadi jaminan bagi hidup saya.

 

Efesus 4:2 (TB)  Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. 

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa saya harus memiliki karakter rendah hati, lemah lembut di sabar,  dalam menjalani kehidupan saya karakter ini tidak hanya teori2 yang saya ketahui tetapi Praktek hidup yang harus saya terapkan. Meskipun praktek lebih sulit daripada hanya sekedar teori, Tuhan mau hal ini saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana saya harus memiliki karakter dan watak seperti Kristus Sang Juruselamat yg sdh memberikan contoh dan teladan selama masa pelayan-Nya di dunia ini 2000 tahun yg lalu, bahkan di atas kayu salibpun masih mampu berkata Ya Bapa ampunilah mereka. Saya juga mau meneladani watak seperti ini dalam kehidupan sehari-hari saya, meskipun sulit, dengan pertolongan Allah saya melakukannya.

 

Efesus 6:10 (TB)  Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa saya harus Hidup kuat di dalam Tuhan di dalam Kekuatan Kuasa-Nya. Bagian ini jelas sekali berbicara kepada saya bahwa ketika saya diminta untuk KUAT, bukan karena kekuatan, kehebatan, atau kemampuan saya sendiri. Melainkan semata-mata Karena KEKUATAN Allah saja. Yg memampukan saya, dalam menjalani sisa kehidupan yg masih Dia percayakan untuk saya jalani.

 

Yesaya 53:5 (TB)  Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Di hari yg Khusus ini saya merenungkan ulang CINTA ALLAH kepada saya, Pengorbanan-Nya bermakna dalam bagi kehidupan saya org yg berdosa. Kematian yg menghidupkan saya org berdosa. Oleh Luka dan bilur2-Nya saya menjadi SEMBUH. Hubungan kembali Indah dengan Dia, setelah sekian lama RETAK namun kematian-Nya memperbaiki kembali. Roma 5:8 (TB)  Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. Kiranya Tuhan Yesus menolong saya untuk menghargai Pengorbanan-Nya untuk hidup memuliakan Dia, dalam segala aspek kehidupan.

 

Filipi 3:10-11 (TB)  Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan *persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa yg terpenting dalam kehidupan saya adalah: mengenal Yesus dan kuasa kebangkitan-Nya serta saya bersekutu dalam penderitaan-Nya ketika hal ini saya mengerti bahwa penderitaan-Nya adalah demi menghapus segala dosa2 saya, maka saya lebih menghargai kehidupan ini, dg hidup senantiasa memuliakan Dia. Satu tujuan akhirnya adalah supaya saya serupa dengan Kristus, mampu hidup sebagaimana Dia hidup di bumi ini. Menjadi jawaban bagi kehidupan org lain.

 

Filipi 4:19 (TB)  Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa Allah akan memenuhi SEGALA kebutuhan saya, kebutuhan di bagian ini jelas ada kebutuhan jasmani dan rohani. Keduanya tidak mungkin timpang atau berat sebelah, melihat Janji Tuhan ini saya dalam menjalani proses kehidupan sehari-hari tidak akan khawatir karena saya percaya Dia yg IKRAR JANJI adalah Allah yang SETIA. Dalam kitab Roma juga mencatat Roma 8:32 Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia? Bagian saya adalah berharap, berserah dan bersandar kepada Allah secara TOTAL.

 

Kolose 1:21-22 (TB)  Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa saya dulu sebelum kenal dan Percaya Kepada Yesus Kristus saya adalah musuh dan seteru Allah, Karena perbuatan yang jahat dan tidak berkenan kepada-Nya, namun sekarang saya telah DIPERDAMIKAN oleh kematian Yesus Kristus di kayu salib, pagi ini saya kembali diingatkan dengan Kasih dan pengorbanan-Nya, sembari datang dg hancur hati dan penuh syukur kepada Dia, seandainya saya belum ditarik-Nya untuk Percaya maka saya adalah org yg paling malang.

 

Kolose 3:23 (TB)  Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa MOTIVASI segala sesuatu yg saya lakukan dan kerjakan dalam kehidupan saya adalah MELAKUKAN NYA untuk Tuhan bukan untuk yg lain, bukan untuk hanya sekedar dan sebatas pengakuan dan penilaian manusia saja. Tetapi saya Melakukannya dengan Segenap hati, bukan karena paksaan, atau legalitas saja. Karena sasaran penilaian utama yg saya tuju adalah Tuhan.

Kolose 4:2 (TB)  Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur. Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa dalam menjalani kehidupan ini saya diminta untuk BERTEKUN dalam DOA, serta berjaga-jaga, serta mengucap syukur. Dalam satu bulan ini ibarat seperti air Waktu doa, baca firman dan saat teduh saya berjalan cukup baik, bukan karena ada C-19 ini, tetapi waktu saya lebih banyak, lebih luang, dan saya gunakan untuk berdoa dll.

 

1 Tesalonika 1:8 (TB)  Karena dari antara kamu firman Tuhan bergema bukan hanya di Makedonia dan Akhaya saja, tetapi di semua tempat telah tersiar kabar tentang imanmu kepada Allah, sehingga kami tidak usah mengatakan apa-apa tentang hal itu.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa kehidupan saya sebagai orang yang Percaya Kepada Yesus Kristus seharusnya memberikan dampak positif bagi orang yang Percaya lainnya terlebih kepada mereka yang tidak percaya. Melalui saat teduh pagi ini saya diingatkan kembali bahwa seharusnya IMAN saya kepada Yesus berbuah manis bagi sesama, karena Iman dan kehidupan saya dg mudah Injil Yesus Kristus itu diberitakan, seperti kisah jemaat Tesalonika ini, dampak iman mereka sungguh luar biasa, tdk hanya sampai di Makedonia dan Akhaya saja, Tetapi disemua tempat. (16-04-2020).

 

1 Tesalonika 5:17 (TB)  Tetaplah berdoa.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa dalam menjalani kehidupan saya di dunia ini, Tuhan mau saya untuk TETAPLAH BERDOA dua kata ini adalah sebuah kalimat perintah perintah yg HARUS saya lakukan, bukan ajakan untuk berdoa, tetapi perintah untuk berdoa. Saya bersyukur banyak waktu yg Tuhan berikan di masa ini untuk baca firman dan berdoa. Kiranya Tuhan menolong saya melakukannya dengan sepenuh hati dan menjadikan gaya Hidup.

 

2 Tesalonika 3:3 (TB)  Tetapi Tuhan adalah setia. Ia akan menguatkan hatimu dan memelihara kamu terhadap yang jahat.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa Allah yg saya sembah dan Percayai adalah Allah yang SETIA, Dia yg menguatkan hati dan memelihara kehidupan saya dari yg jahat, itulah sebabnya saya tidak perlu bimbang takut dan khawatir terhadap apapun, sebab Dia yg menjamin keamanan dalam batin dan hidup saya adalah SETIA. Saya juga harus setia hidup mengiring Tuhan selama jantung masih berdenyut dan kesempatan masih ada.

 

1 Timotius 4:12 (TB)  Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa Jangan seorangpun menganggap rendah karena muda, secara usia, pengalaman, dll. Tetapi Rasul Paulus melalui suratnya kepada Timotius ini mengingatkan kembali bahwa usia boleh muda, namun usia muda masih bisa menjadi teladan bagi mereka dalam perkataan, tingkah laku, dalam kasih, dalam kesetiaan dan dalam kesucian.

Karena usia tidak bisa menjadi tolak ukur org tersebut dewasa rohani, dari buahnya bisa dilihat, apakah kehidupannya sudah berbuah atau tidak. Dengan pertolongan Tuhan, saya hidup bisa menjadi berkat bagi orang lain di mana saya berada.

[03.35, 20/4/2020] Septo Sirangatun:

1 Timotius 6:11 (TB)  Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan.

Di pagi hari ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa di awal pada ayat ini ada TETAPI,hal ini menunjukkan sesuatu yang kontras dg ayat sebelumnya yaitu nasihat tentang keuangan dll, pada ayat ini ada beberapa item yg disuruh atau yg diminta untuk dikejar yakni kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan

Memang saya menyadari tidak bisa dikerjakan secara bagus atau sempurna beberapa hal ini, tetapi paling tidak berusaha untuk melakukannya dengan pertolongan Tuhan terutama kasih dan kesabaran. Tuhan memampukan saya untuk menerapkan kasih dan kesabaran ini dalam kehidupan nyata, saya rindu mempraktekkan melalui orang2 yg ada di sekitar saya.

 

2 Timotius 1:5 (TB)  Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya, bahwa betapa pentingnya sebuah warisan ROHANI yaitu IMAN SEJATI seperti yang dilakukan oleh Nenek, dan ibunya Timotius Kepada dirinya, warisan ROHANI lebih penting dari warisan dan kekayaan duniawi lainnya, saya bersyukur melalui Firman Tuhan pagi ini, saya ingat kembali meskipun Iman nenek dan ibu saya tidak seperti iman nenek dan ibunya Timotius, tetapi paling tidak melalui jalan ini Tuhan memakai saya menjadi alatnya. Saya berkomitmen untuk melanjutkan Warisan ROHANI dan iman seperti ini kepada Keluarga saya berikutnya, dan Kepada anak2 Rohani yg Tuhan percayakan untuk saya layani.

 

[02.30, 22/4/2020] Septo Sirangatun:

2 Timotius 2:3-4 (TB)  Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus. Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya.

Di subuh ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa saya diibaratkan seperti seorang Prajurit dalam dunia kemiliteran, seorang prajurit yg sedang berjuang artinya saya ketika sudah berkomitmen untuk melayani Tuhan, tidak lagi memusingkan diri atau dalam kata lain sibuk, dan repot dg urusan Duniawi dalam kehidupan baik itu kecukupan materi, jabatan, kekayaan, kenyamanan, pengakuan dan popularitas. TETAPI saya sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus harus FOKUS pada Dia dan pekerjaan yg Dia tugaskan untuk saya kerjakan, bukan hal2 duniawi yg fana.

[02.32, 22/4/2020] Septo Sirangatun: Kiranya Tuhan Yesus menolong dan memampukan saya untuk hidup terus berpusat total kepada Dia saja, tidak terpengaruh, tergoda dan terbuai oleh hal2 duniawi, yg memikat dan menyeret kepada sebuah kehidupan yg tidak berkenan di hadapan Allah.

 

2 Timotius 3:16 (TB)  Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa segala tulisan atau apa yg tertulis dalam Alkitab bermanfaat bagi kehidupan saya ada 4 manfaat sesuai dengan ayat ini, satu tujuan supaya kehidupan saya berkenan dan memuliakan Allah, supaya saya sadar dan tau bahwa ada hal2 yg tidak perlu dilakukan, istilah yang saya gunakan adalah Firman Tuhan ini bertujuan untuk MENGEVALUASI dan MEMPERBAIKI apa yg sekiranya sama sekali tidak pas dari kehidupan saya.

 

2 Timotius 4:5 (TB)  Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa dalam menjalani kehidupan saya harus mampu menguasai diri dalam segala hal, karena banyak yg hal bisa mempengaruhi hidup dan hal ini cenderung mencondongkan hati kepada hal2 duniawi yg bersifat fana, memang tidak dapat dipungkiri bahwa saya masih hidup di dunia ini, namun melalui Firman-Nya, saya diingatkan kembali untuk MENGUASAI DIRI, penguasaan diri ini sangat penting supaya saya tidak terseret arus keduniawian. Salah satu buah Roh yg paling terakhir adalah Penguasaan diri (Galatia 5:22-23). NAMUN bagian yg Harus saya lakukan ada menunaikan tugas pelayanan dan pemberitaan Injil serta sabar dalam penderitaan. Kiranya Tuhan Yesus menolong dan memampukan saya menjadi kehidupan dg Bersandar TOTAL Kepada Dia.

 

Ibrani 1:2 (TB)  maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa dulu Allah berbicara kepada manusia melalui perantaraan para nabi, tetapi zaman akhir ini Allah mengutus Anak-Nya yaitu TUHAN YESUS yg melalui-Nya Allah berbicara kepada umat manusia, terlebih misi PENYELAMATAN yg sudah Yesus kerjakan di Kayu Salib untuk manusia, semua ini dikerjakan supaya manusia TAU bahwa ada Allah yg hidup dan berkuasa, yg MAU BERHUBUNGAN dan mencari manusia yg berdosa sebagai objek yg sebenarnya tidak Layak Untuk diKasihi, namun itulah KARUNIA. Melalui Firman-Nya ini saya harus menghargai apa yg TELAH dikerjakan Allah, dengan HIDUP memulihkan Dia selalu.

 

Ibrani 2:16 (TB)  Sebab sesungguhnya, bukan malaikat-malaikat yang Ia kasihani, tetapi keturunan Abraham yang Ia kasihani.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa betapa BERUNTUNGNYA dan bahagianya saya yg berdosa, seteru, dan pemberontak. NAMUN Allah mencari bahan karena KASIH SEJATI Yesus diUTUS ke dunia mati untuk menebus dan memperdamaikan kembali hubungan antara Allah dan saya. SEDANGKAN malaikat yg jatuh dan memberontak Allah TIDAK mencari, apalagi sampai menebus dosa mereka. Saya harus bersyukur dan menghargai kasih Allah itu. Saya begitu BERHARGA bagi Dia.

 

Ibrani 4:12, 16 (TB)  Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa tanpa keraguan lagi saya diajak dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia Allah supaya saya menerima rahmat dan menemukan Kasih karunia itu, Yg awalnya tdk ada yg mampu dan bisa untuk menghampiri takhta itu akibat DOSA, Allah yg begitu Kudus, dalam Perjanjian Lama butuh imam sebagai pengantara antara manusia dengan Allah, namun berita BAHAGIA untuk saya dalam Perjanjian Baru Yesus datang memperbaiki hubungan yg rusak itu TIRAI pemisah itu dihilangkan, dihapuskan. Sehingga tdk butuh pengantara lagi, tdk buruh imam lagi. Yesus menyelesaikan semua, sehingga saya bebas datang kepada Allah yg Kudus.

 

I brani 7:25 (TB)  Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa Yesus adalah Penyelamat dan Pembela bagi saya di hadapan Allah Bapa, Penyelamatan yg Yesus lakukan dg sempurna dan lengkap, memberikan kepada saya jaminan kehidupan di kekekalan nanti, sekarang ketika saya percaya kepada Allah di sorga Yesus Kristus sebagai Sang Pembela. Betapa beruntungnya saya punya Yesus yg tdk hanya Tuhan yg jauh namun Dia adalah Tuhan yang sangat dekat dengan umat-Nya.

 

Ibrani 9:14 (TB)  betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa melalui Pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib, hati nurani saya yg tidak murni dimurnikan, perbuatan yg tidak perkenan di hadapan Allah, kini SUDAH diperbaharui kembali supaya saya mampu hidup memuliakan Allah melalui ibadah yg ada.

Ibrani 10:23 (TB)  Marilah kita teguh berpegang pada pengakuan tentang pengharapan kita, sebab Ia, yang menjanjikannya, setia.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa saya harus hidup berpegang teguh pada pengakuan akan  pengharapan yang PENGHARAPAN dalam Yesus Kristus, baik untuk kehidupan di dunia saat ini maupun kehidupan di masa yg akan datang, saya menaruh kepercayaan yg pasti di dalam Tuhan, tanpa keraguan, Pengharapan yang memberikan semangat baru dan kebahagiaan untuk menjalani kehidupan, sebab Tuhan yg berjanji adalah Tuhan yang SETIA, Dia tidak mungkin ingkar.

 

 

 

Ibrani 11:1 (TB)  Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa Iman saya kepada sesuatu yang tidak Kelihatan, belum pernah berjumpa dengan Allah, belum pernah berjumpa dengan Yesus, belum pernah berjumpa dengan Roh Kudus, namun saya tetap Percaya, saya tetap beriman, saya tetap berharap tanpa ada KERAGUAN sedikitpun, tentu setelah saya belajar dan membaca firman, saya mengerti dan mengenal Allah yang tidak Kelihatan itu, melalui Firman-Nya, Dia menjadi nyata dalam kehidupan saya.

 

Ibrani 12:1-2 (TB)  Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa kehidupan saya di dunia ini adalah sebuah perlombaan iman Itu sebabnya saya harus meninggalkan segala dosa yg merintangi saya untuk berlomba, yg merintangi saya untuk maju sampai garis finis, tidak ada cara lain selain saya memandang kepada YESUS KRISTUS sebagai sasaran dan tujuan utama saya dalam perlombaan iman ini, karena Yesus yg mampu membuat saya semangat dan mengakhiri serta memenangkan pertandingan, meskipun banyak tantangan yang harus saya lalui dan hadapi.

 

Ibrani 13:8 (TB)  Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa Yesus yg saya sembah dan Imani adalah Yesus yg Konsisten, tidak berubah, Dia Allah yg Kekal, dulu, sekarang, dan selamanya. Bukan seperti dunia ini, hari ini lain, besok lain, lusa lain lagi, tidak menentu. Tapi saya bersyukur memiliki Tuhan yg TIDAK BERUBAH.

Yakobus 1:17 (TB)  Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa segala pemberian yg baik dan sempurna berasal dari Allah, jadi saya dapat menyimpulkan bahwa saya tidak perlu menyalahkan Allah atas segala sesuatu yg terjadi dan dialami karena saya tau meskipun dalam pandangan manusia itu sangat buruh, tetapi di hadapan itu sangat baik, saya berdoa supaya saya dimampukan untuk mampu melihat dari sudut pandang Allah dan kaca mata IMAN, sebab semua pemberian yg baik dan sempurna berasal dari Bapa segala terang.

 

 

 

Yakobus 2:26 (TB)  Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya tentang Iman dan perbuatan, keduanya seperti dua sisi mata uang yang harus ada dan beriringan, ketika saya beriman maka saya wajib membuktikan iman saya dg perbuatan nyata sebab iman tidak kelihatan tetapi perbuatan Kelihatan. Ketika saya beriman maka saya wajib melakukan perbuatan-perbuatan yang mencerminkan iman saya, demikian sebaliknya, sehingga dunia dan sekitar saya tau bahwa saya beriman.

 

Yakobus 4:17 (TB)  Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa saya dituntut untuk menerapkan dan mempraktekkan apa yg saya pelajari dari firman Tuhan dibagian ini adalah tentang Kebaikan atau  praktek Berbuat baik, jika saya tau, saya sudah belajar bahwa berbuat baik itu harus diterapkan tetapi saya tidak menerapkan dan melakukannya maka firman Allah katakan bahwa saya berdosa, jadi seharusnya saya tau berbuat baik itu baik tetapi saya tdk berbuat baik maka saya dikatakan berdosa. Itulah sebabnya melewati saat teduh pagi ini saya kembali berdoa di hadapan Allah supaya saya dimampukan untuk melakukan dan mempraktekkan apa yang saya pelajari melalui Firman-Nya setiap hari.

 

Yakobus 5:15 (TB)  Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa ketika saya berdoa, saya harus  yakin Percaya sungguh-sungguh, saya juga harus berdoa dalam penuh pergumulan Iman kepada Allah akan segala sesuatu, maka saat itulah saya akan melihat hasil dari doa itu, doa yg lahir dari Iman, doa yg penuh pengharapan kepada Allah, doa yang penuh penyerahan Kepada Dia.

 

1 Petrus 1:7 (TB)  Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu — yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api — sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa Iman saya jauh  Kepada Yesus Kristus jauh lebih tinggi nilai dan harganya daripada emas yg fana, di dunia ini semua manusia berlomba-lomba untuk mendapatkan kekayaan, dan yg menjadi sasaran utama adalah Emas. Namun pagi ini saya diingatkan kembali bahwa IMAN SEJATI Kepada Yesus Kristus Jauh Lebih Tinggi NILAINYA dibandingkan emas fana, itu sebabnya haluan dan tujuan utama dari kehidupan HARUS fokus pada Yesus bukan kepada materi duniawi yg bersifat sementara ini.

 

1 Petrus 2:9-10 (TB)  Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

Di subuh ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa saya adalah orang yg terpilih, imamat rajani bangsa yang Kudus dan umat kepunyaan Allah sendiri artinya saya adalah seorang yg sangat istimewa dan beruntung 4 keriteria yg saya sandang dan miliki ini seharusnya TIDAK BERHENTI sampai di situ saja, tetapi ada TUGAS yg harus Saya kerjakan yaitu supaya saya memberitakan perbuatan2 yg besar dari Allah Misi penginjilan dan Pemuridan Saya berdoa kepada Tuhan supaya saya dimampukan untuk mengerjakan tugas pelayanan ini baik sekarang maupun di masa depan.

 

1 Petrus 3:12 (TB)  Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat."

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa mata dan telinga-Nya tertuju kepada orang Benar Artinya Allah ada perhatian khusus kepada saya hanya jika saya hidup benar di hadapan-Nya, melakukan sesuatu yg berkenan kepada-Nya. Saya berdoa memohon pertolongan Allah supaya saya dimampukan untuk hidup benar di hadapan-Nya selama hidup yg masih Dia percayakan ini.

 

1 Petrus 4:2, 7 (TB)  supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah. Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya selama ada waktu yg sisa ini saya diminta untuk tidak mempergunakannya menurut kehendak saya sebagai manusia , seperti yg bunda jelaskann tadi malam yakni BERHALA2 dalam diri saya yg tidak perlu yg mengatasnamakan kesenangan dunia, pengakuan diri, popularitas dll, tetapi saya diminta untuk SEUTUHNYA kembali dan menuruti semua Kehendak Allah, kembali ingat seperti yg bunda katakan bahwa Yesus sudah memperkenalkan diri-Nya.

Sebagai (AKU ADALAH, I'M) ini seharusnya cukup bagi dan untuk saya.

Kata Yesus:

1.    AKU ADALAH AKULAH ROTI HIDUP

2.    AKU ADALAH “TERANG DUNIA”

3.    AKU ADALAH “PINTU

4.    AKU ADALAH “AKULAH GEMBALA YANG BAIK”

5.    AKU ADALAH “AKULAH KEBANGKITAN DAN HIDUP”

6.    AKU ADALAH “AKULAH JALAN DAN KEBENARAN DAN HIDUP”

7.    AKU ADALAH “AKULAH POKOK ANGGUR YANG BENAR”

Saya berdoa supaya Tuhan memampukan saya untuk terus berfokus kepada Dia saja.

 

1 Petrus 5:7 (TB)  Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

Pagi ini Tuhan berbicara kepada saya melalui Firman-Nya bahwa saat saya ada kekuatiran, ketakutan, dan kecemasan dalam hal apapun baik tentang, studi, pelayanan dan masa depan, saya harus menyerahkan semuanya kepada Tuhan, sebab Dia yg memelihara saya, Dia tau persis bahkan menyediakan apa yg akan terjadi bagi kehidupan saya, bagian saya saat ini adalah bersandar, berharap, dan menghilangkan semua cita2 yg bukan visi Allah seperti yg Bapak sudah sampaikan kemarin. Saya kembali mengingat 7 I'M (AKU ADALAH dan berserah dg penuh ketaatan sesuai dg yg saya pelajari kemarin. Saat saya khawatir tentang kebutuhan materi dll saya harus kembali Ingat Dia Adalah ROTI HIDUP Saat bingung menghadapi tantangan yg berat saya harus kembali Ingat Dia adalah Gembala yang Baik.

 

Posting Komentar untuk "Seri Surat Paulus kepada Jemaat"