Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cerita MotoGP 2022 Di Langit Mandalika

 



Cerita MotoGP 2022 Di Langit Mandalika

Sebagai warga bangsa, kita patut bersyukur kepada Tuhan, karena ajang balap motoGP 2022, sukses dan berjalan cukup baik di Mandalika, sebuah sirkui kebanggaan seluruh rakyat inidonesia. Mari terus berdoa untuk bangsa Indonesia ke depannya, supaya menjadi negara yang maju, jaya dan sejahtera.

Engkau yang mendengarkan doa.

Kepada-Mulah datang semua yang hidup. (Mazmur 65:3)..

Pembalap cidera gagal ikut lomba

Espargaro menyebut jika motor Honda tak dibangun untuk menggunakan ban spesifikasi lama. Hasilnya, para pembalap Honda mengalami kesulitan dan kecelakaan yang dialami Marquez.

“Situasi itu memang kami alami sepanjang akhir pekan. Ketika kami mengeluhkan mengenai ban Michelin, bukan karena kami tak menyukai mereka. Hal itu karena kami menghadapi masalah serius mengenai konsumsi ban depan,” kata Espargaro saat media debrief.

Pembalap Marc Marquez mengalami head concussion atau gegar otak setelah terlempar dari motornya di tikungan tujuh pada menit akhir sesi pemanasan MotoGP Minggu pagi.

Kabar kurang sedap disampaikan langsung Chief Medical Officer (CFO). Mengutip situs resmi MotoGP, akibat kecelakaan tersebut, pembalap andalan Repsol Honda dipastikan absen dari perhelatan MotoGP Mandalika.

Marc Marquez dinyatakan tidak fit setelah mengalami insiden parah tersebut.

"Marquez sekarang menargetkan sembuh 100 persen agar siap di MotoGP Argentina dua pekan lagi," tulis pernyataan resmi MotoGP Minggu (20/3/2022).

Kecelakaan terparah dialami oleh Marquez saat di sesi pemanasan. Dia mengalami highside yang mengakibatkan dirinya terpental dan motor RCV213V miliknya rusak parah.

Hal tersebut diakibatkan ban belakangnya yang terkunci, dan akhirnya melempar Marquez ke udara. 

 

Hujan mengguyur deras

Hujan deras yang membasahi Sirkuit Mandalika jelang bergulirnya MotoGP Indonesia 2022 membuat pawang hujan turun langsung ke pit stop. Hal itu dilakukan untuk mencoba mengusir hujan yang tiba-tiba mengguyur kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pawang hujan bernama Rara Isti Wulandari itu melakukan ritual tradisional di tengah tempat pit stop para pembalap. Sementara Sambil mengenakan helm proyek, wanita berbaju merah itu membawa sesajen dan mangkuk sambil membacakan mantra-mantra. Sontak kejadian itu membuat para pembalap yang ada di paddock tertawa dan bingung apa yang dilakukan wanita berambut panjang itu di tengah hujan deras.

Sejauh ini balapan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika masih mengalami penundaan karena terjadi perubahan cuaca.

Kawasan sekitar Nusa Tenggara Barat (NTB) yang pada awalnya cerah, berubah seketika menjadi hujan deras. Akibatnya, balapan yang dijadwalkan pukul 14.00 WIB ditunda hingga 14.45 WIB. Dengan adanya perubahan cuaca, para teknisi dari masing-masing tim saat ini harus memutar otak menyesuaikan mesin motor dan ban yang akan dipakai.

Pawang hujan yang melewati lintasan

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada salah satu sosok yang menarik perhatian saat perhelatan MotoGP Indonesia yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Minggu (20/3/2022). Adalah Rara Istiani Wulandari, sosok pawang hujan yang menjadi perhatian dunia setelah masuk ke area paddock tim dan lintasan sirkuit pada sesi balapan MotoGP Mandalika. Seperti diketahui, balapan MotoGP Mandalika memang sempat tertunda sekitar 75 menit lantaran kondisi cuaca yang hujan deras. Aksi Rara saat melakukan ritual hingga masuk ke area paddock dan lintasan MotoGP pun langsung menyedot perhatian khalayak ramai, mulai para rider hingga netizen indonesia.

Bahkan tak sedikit yang bertanya, bagaimana cara pawang hujan yang merupakan kearifan lokal warga Indonesia diperbolehkan masuk ke area sakral event international sekelas MotoGP? Sebagai informasi, paddock dan lintasan adalah area paling sakral di sirkuit yang hanya bisa dimasuki oleh tim, pebalap dan orang-orang dengan akses prioritas lainnya.

Adapun kehadiran Rara di dalam paddock, sudah mendapat izin khusus dari Dorna. Hal ini diungkapkan oleh pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA). “Permintaan untuk pawang hujan ada dari Dorna juga, alasan persisnya saya tidak tahu. Tanpa izin dari Dorna dan FIM, tidak ada yang boleh melewati pagar pembatas antara ruang umum dan pebalap,” ucap Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, dikutip dari Kompas.com, Senin (21/3/2022).

Priandhi menilai bahwa sorotan media, baik melalui kamera televisi maupun media sosial, adalah bagian dari pergelaran event. Namun dirinya juga masih heran, kenapa seorang pawang hujan bisa masuk ke lintasan, padahal ia sendiri tak dapat masuk. “Ini mungkin sebagai part of entertainment. Saya sendiri bingung, saya tidak bisa melintas masuk, tetapi Mbak Rara bisa. Untuk alasan Mbak Rara masuk di lintasan, saya juga tidak tahu. Biar bagaimanapun balapan akhirnya terlaksana,” kata dia.

Sementara itu, Rara mengaku pada awalnya tidak boleh masuk ke lintasan karena tak memiliki identifikasi memadai. Namun, ia akhirnya mendapatkan kesempatan ke dalam untuk melaksanakan ritual. “Tadi saya sudah tak boleh masuk, orang bule juga kan tidak mengerti fungsi pawang hujan apa. Namun, akhirnya saya bisa masuk terus doa sebentar, keluar lagi, dan masuk lagi walau sebenarnya tak boleh,” kata wanita yang dipercayai oleh Menteri BUMN Erick Thohir dikutip dari Tribun Lombok.

 Rara mengaku, aksinya hari ini adalah bentuk kepedulian terhadap Tanah Air, terutama pada penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2022. “Ini tidak untuk show off, tetapi saya ingin mengabdi agar Indonesia bisa berkibar. Saya berhadap ke depan pihak Dorna yang awalnya tak kasih akses mungkin sekarang akhirnya mengetahui apa itu pawang hujan,” kata dia.

 

Penonton yang dicueki penonton lain

Tidak perlu disebut namanya, silahkan cari videonya sendiri.

 

Presiden serahkan trofi juara MotoGP Mandalika 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memberikan trofi kepada juara pertama gelaran MotoGP Mandalika 2022, Miguel Oliveira, Minggu (20/3/2022). Pebalap Red Bull KTM tersebut menjadi juara setelah mampu menyelesaikan 20 putaran lomba dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik. Selain kepada Oliveira, Jokowi juga memberikan trofi kepada pebalap Yamaha Fabio Quartararo yang menempati podium kedua, dan pebalap Pramac Ducati Johann Zarco yang menduduki podium ketiga. Jokowi sempat mengungkapkan, ia mendukung Marc Marquez dalam gelaran balap tingkat internasional ini.

Namun, lantaran Marquez absen, Jokowi pun beralih menggantikan dukungannya kepada pebalap dari Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo. Baca juga: Jokowi Nonton Langsung Balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika Quartaro sendiri diketahui juara dua pada gelaran MotoGP Mandalika 2022. "Jagoannya Marc Marques tapi karena dia tidak ikut, ganti ke Fabio Quartararo, juara dua," ujar Jokowi seperti dikutip dari siaran Youtube resmi Sekretariat Presiden. Ia pun menyampaikan rasa terima kasihnya pada masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) yang telah memberikan dukungan penuh pada gelaran internasional tersebut. Selain itu juga kepada penyelenggara dan pekerja yang telah menyiapkan event tersebut.

Meski ia mengakui terdapat beberapa hal yang perlu dievaluasi. "Memang masih ada hal-hal yang perlu dievaluasi, diperbaiki, saya kira ini event jangka panjang, tahun depan akan kita perbaiki lagi apabila ada kekurangan-kekurangan dan saya ingin menyampaikan selamat kepada semuanya," ujar Jokowi.

MANDALIKA, METRO–Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan trofi kepada juara pertama gelaran perdana MotoGP Mandalika 2022, Miguel Oliveira, Minggu (20/3). Pebalap Red Bull KTM tersebut menjadi juara setelah mampu menyelesaikan 20 putaran lomba dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik.

Selain kepada Oliveira, Jokowi juga memberikan trofi kepada pebalap Yamaha Fabio Quartararo yang menempati podium kedua, dan pebalap Pramac Ducati Johann Zarco yang menduduki podium ketiga.

Diketahui, balapan sempat tertunda selama 1 jam 15 menit Minggu, (20/3/2022) sore WIB. Hujan deras menguyur Sirkuit Mandalika membuat trek basah. Akhirnya balapan dimulai sekitar pukul 16.15 Wita atau 15.15 WIB.

Balapan dimulai dengan kondisi trek basah. Start dari posisi terdepan, Favio Quartararo langsung melesat kencang begitu balapan dimulai. Dia dibuntuti oleh Miguel Oliveira dan juga Jack Miller.

Namun, setelah melewati trek lurus di starting grid untuk kedua kalinya, El Diablo -julukan Quartararo- kehilangan tempatnya. Dia disalip oleh Oliveira dan tak lama kemudian Jack Miller menyusulnya juga yang membuatnya turun ke posisi tiga.

Setelah itu, Miguel Oliveira terus memimpin hingga 20 lap. Oliveira pun keluar sebagai juara disusul sang juara bertahan, Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco. Usai balapan, para pemenang naik ke podium.

Trofi juara pun diserahkan langsung oleh Jokowi. Jokowi terlihat memakai jaket merah naik ke atas podium. Dia memberikan trofi juara berurutan dari peringkat 3, ke-2 dan sang juara Miguel Oliveira.

Jokowi sempat mengungkapkan, ia mendukung Marc Marquez dalam gelaran balap tingkat internasional ini. Namun, lantaran Marquez absen, Jokowi pun beralih menggantikan dukungannya kepada pebalap dari Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo.

Quartaro sendiri diketahui juara dua pada gelaran MotoGP Mandalika 2022. “Jagoannya Marc Marques tapi karena dia tidak ikut, ganti ke Fabio Quartararo, juara dua,” ujar Jokowi seperti dikutip dari siaran Youtube resmi Sekretariat Presiden.

Ia pun menyampaikan rasa terima kasihnya pada masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) yang telah memberikan dukungan penuh pada gelaran internasional tersebut. Selain itu juga kepada penyelenggara dan pekerja yang telah menyiapkan event tersebut.

Meski ia mengakui terdapat beberapa hal yang perlu dievaluasi. “Memang masih ada hal-hal yang perlu dievaluasi, diperbaiki, saya kira ini event jangka panjang, tahun depan akan kita perbaiki lagi apabila ada kekurangan-kekurangan dan saya ingin menyampaikan selamat kepada semuanya,” ujar Jokowi. (jpg)

Sumber data:

Artikel ini telah tayang diJPNN.comdengan judul
"Hujan Deras Mengguyur Sirkuit Mandalika, Aksi Pawang Hujan Bikin Gempar",
https://www.jpnn.com/news/hujan-deras-mengguyur-sirkuit-mandalika-aksi-pawang-hujan-bikin-gempar


Artikel ini telah tayang di 
Kompas.com dengan judul "Jokowi Serahkan Trofi Juara MotoGP Mandalika 2022 ke Miguel Oliveira", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2022/03/20/17174201/jokowi-serahkan-trofi-juara-motogp-mandalika-2022-ke-miguel-oliveira.
Penulis : Mutia Fauzia
Editor : Bagus Santosa



 


Posting Komentar untuk "Cerita MotoGP 2022 Di Langit Mandalika"