Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Patung Lembu Emas

 


Keluaran 32:1-35
Anak lembu emas


Dalam 35 ayat ini mengisahkan 2 hal yang pertama tentang Pemberontakan dan penghianatan bangsa Israel kepada Allah, yakni dengan menyembah patung anak lembu emas (allah buatan).

Yang kedua tentang Musa mendownload 10 Hukum yg ditulis oleh JARI ALLAH sendiri di atas gunung Sinai (gunung Horeb).


Dari point pertama kita belajar bahwa EMAS yang biasanya digunakan untuk MENYEMBAH Allah kalau kita mengingat pasal sebelumnya yakni pasal 25-30 menuliskan tentang Kemah suci (Tabernakel) dan segala pernak-perniknya semua alat-alat, bahan-bahan itu terbuat dari Emas. Karena Allah itu Mahakudus, Dia mau semuanya sempurna untuk berhadapan dengan Dia, beribadah kepada Dia semua harus Kudus.

Itu sebabnya emas lambang kekudusan, itulah sebabnya semua perabot kemah suci harus terbuat (bersalutkan emas murni).


Dan di saat yg sama emas yg biasa digunakan untuk sarana menyembah Allah yg Hidup, Allah yg Kudus, Allah Yg disembah oleh Abraham, Ishak dan, Yakub, Emas itu pula yang digunakan iblis untuk membuat mereka memberontak, berobah setia, berkhianat kepada Allah yang Hidup, Allah yg membawa mereka Exodus (Keluar) dari Mesir tanah perbudakan dengan tangan yang Kuat.

430 tahun mereka menjadi budak di tanah Mesir.

Israel ingin membuat allah (versi mereka) allah yg bisa dilihat rupa dan wujudnya.

Inilah tipu daya iblis untuk mengacaukan, mengalihkan perhatian, supaya umat memberontak, berkhianat kepada Allah yang sejati.


Dan kalau kita menelisik lebih jauh bahwa semua angkatan pertama yg keluar dari tanah Mesir, tidak ada yang boleh masuk ke tanah perjanjian semua mati di Padang gurun (hanya 2 orang Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune) angkatan pertama yg sampai dan menikmati tanah perjanjian itu.


Dosa membuat manusia, jauh dari ALLAH, dosa menggoda manusia dengan allah atau berhala2 di sekitarnya, manusia ingin membuat allah versinya sendiri.


Refleksi:

Hati-hati dengan apa yang menjadi kesenangan kita, hobi kita, kekayaan, pengakuan, kenyamanan, dan popularitas kita dll.

Ingat semuanya bisa menjadi Berhala, dan akan membuat kita jauh dari ALLAH, memberontak, berkhianat kepada Allah.


Penerapan:

Pertama Mari terus belajar Firman Allah setiap hari punya kedalam dengan Allah dan firman-Nya, punya hubungan yg intim, personal dengan Allah yg Sejati itu, Yesus Kristus Sang Guru Agung kita telah memberikan contoh saat beliau masih berada di dunia Markus 1:35 (TB)  Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.


Kedua mohon ampun kepada Allah bila selama ini ada berhala-berhala dan allah versi kita, yg sudah kita buat dalam kehidupan, dan hal itu malah menjauhkan diri kita dari Allah yg Sejati, berdoa mohon Allah Roh Kudus menolong kita untuk kembali kepada kasih yang semula itu.

Posting Komentar untuk "Patung Lembu Emas"