Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

YESUS KRISTUS NAIK KE SORGA

 



KRISTUS NAIK KE SORGA: 

”Kuasa Menyertai Orang Percaya”

 

Selamat Merayakan Hari Kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga

 

Markus 16:19

 "Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga,"

 

Peristiwa kenaikan Kristus ke sorga menandai akhir kebersamaan Dia secara fisik dengan murid-murid-Nya di dunia. 

 

Saat masih di bumi orang-orang percaya dan murid-murid-Nya dapat berbicara langsung dan bergaul karib dengan-Nya secara fisik, tapi setelah peristiwa ini mereka harus berpisah, Ia harus kembali ke tempat asal-Nya, yaitu sorga.  "Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa."  (Yohanes 16:28). 

 

Kenaikan Kristus ke sorga adalah klimaks kehidupan-Nya di dunia, Ia telah menggenapi rencana Bapa dengan sangat sempurna!

 

Kenaikan Kristus ke sorga menjadi bukti tak terbantahkan bahwa Dia adalah Tuhan segala tuhan, Raja di atas segala raja.  Tapi mengapa banyak orang meragukan ke-Ilahian-Nya dan tak mau percaya kepada-Nya?

 

”Sahabat Renungan Harian, Kristus kembali ke Sorga karena Dia adalah Tuhan dan Raja, percayalah kepada-Nya!” 

 

APA YANG DIKHOTBAHKAN OLEH GEREJA MULA-MULA ?

 

Pesan dari Gereja mula-mula adalah KEBANGKITAN YESUS dari Kematian.

 

"Tetapi TUHAN membangkitkan Dia dengan melepaskan Dia dari sengsara maut, karena tidak mungkin Ia tetap berada dalam kuasa maut itu" (Kisah Para Rasul 2:24).

 

Para Rasul mengakui KUASA KEBANGKITAN-NYA.

Para Pengkhotbah Injil pada jaman Gereja mula-mula memberikan perhatian besar pada KEBANGKITAN YESUS KRISTUS.

Rasul Paulus menyatakan bahwa dia berusaha untuk "mengenal Dia dan KUASA KEBANGKITAN-NYA” (Filipi 3:10).

 

Mereka mengenali KEKUATAN KEBANGKITAN-NYA.

Dalam Roma 1:4 Paulus berkata bahwa KRISTUS "dideklarasikan sebagai Anak TUHAN yang BERKUASA ... oleh KEBANGKITAN-NYA dari antara orang mati."

KEBANGKITAN dari antara orang mati adalah demonstrasi yang meyakinkan bahwa YESUS KRISTUS adalah Anak TUHAN.

 

Paulus menjelaskan dalam 1 Korintus 15 bahwa TIDAK ADA pengampunan dosa tanpa KEBANGKITAN.

Jika YESUS telah DIBANGKITKAN, maka kita juga memiliki Harapan untuk KEBANGKITAN di masa depan.

Jika YESUS belum dibangkitkan, maka tidak ada Harapan.

Kita masih di dalam dosa.

YESUS hanyalah seorang MESIAS palsu.

Murid YESUS adalah Saksi palsu.

Keselamatan kita tidak hanya disediakan oleh Salib YESUS. 

 

KEBANGKITAN YESUS mutlak diperlukan.

Tidaklah cukup bagi YESUS untuk mati.

Dia harus mengalahkan musuh terakhir, yaitu KEMATIAN itu sendiri.

 

Dan membunuh PANGERAN KEHIDUPAN, yang telah DIBANGKITKAN TUHAN dari KEMATIAN;  tentang semua itu, kami adalah Saksinya.

(Kisah Para Rasul 3:14-15 KJV)

 

Bagi kamu yang pertama, TUHAN, telah membangkitkan Putranya, YESUS, mengutus Dia untuk memberkati kamu, dengan menjauhkan kamu masing-masing dari kesalahannya (Kisah Para Rasul 3:25-26 KJV)

 

Pada zaman kita sekarang, pemikiran tentang kehidupan setelah kematian telah diencerkan. Hollywood telah memberi kita zombie, orang mati yang hidup, vampire, reinkarnasi, pembisik hantu, medium yang berbicara dengan orang mati, dll.

 

Pengaruhnya telah hilang pada generasi kita sekarang ini.

Namun demikian, KEBANGKITAN YESUS dari Kematian adalah unik dalam sejarah dan tidak pernah diklaim oleh penganut agama atau tokoh agama lain.

Itu adalah Pesan Utama Gereja.

 

KEBANGKITAN KRISTUS= KEMENANGAN ORANG PERCAYA

 

1 Korintus 15 : 17 

Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dlm dosamu.

 

Orang percaya patut berbangga hati dan bersukacita karena kita punya Tuhan yang hidup dan berkuasa !!

 

Hari ini kita memperingati kebangkitan Kristus dan kematian !!! "...Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;"  (1 Korintus 15:3-4).

 

Kebangkitan Kristus adalah kemenangan iman orang percaya.  Ini merupakan penegasan kebenaran ajaran Kristus.  Pernyataan-Nya tentang kematian dan kebangkitan-Nya benar2 telah digenapi.

 

Tak bisa dibayangkan andai saja Kristus tidak bangkit pada hari yang ke-3.  Rasul Paulus menyatakan,  "sia2lah pemberitaan kami dan sia2lah jg kepercayaan kamu."

(1 Korintus 15:14)

 

Jadi jika Kristus tidak bangkit pada hari ke-3, sia-sialah jerih lelah dan pengorbanan para hamba Tuhan, penginjil atau misioner memberitakan Injil sampai ke pelosok, pedalaman, pegunungan, pedesaan, mengarungi laut dan samudera, bahkan sampai ke seluruh penjuru ujung bumi ini. 

 

Inilah yang membedakan kekristenan dan kepercayaan yang lain.  Iman Kristen adalah iman yang berdiri atas kebangkitan Kristus. 

 

Tanpa kebangkitan-Nya sia2lah pemberitaan Injil dan kekristenan tidak akan pernah ada sampai detik hari ini.

 

Andai saja Kristus tidak bangkit, maka "binasa juga orang2 yg mati dlm Kristus."

(1 Korintus 15:18)

 

sehingga setiap orang yang percaya kepada Kristus menjadi orang2 yang paling malang di dunia;  sebaliknya karena Kristus telah bangkit, maka kita menjadi orang2 yg berbahagia & paling beruntung. 

 

Mengapa?  Karena kebangkitan Kristus memberikan jaminan kehidupan kekal yang pasti bagi orang percaya.  Haleluyah !!

 

Oleh karena itu pengharapan hidup kita sebagai pengikut Kristus adalah bergantung mutlak kepada kebangkitan Kristus ini.  Hal inilah yang membuat rasul Paulus tetap memiliki roh yang menyala2 dalam memberitakan Injil, sekalipun harus diperhadapkan dengan ujian dan tantangan yang tidak ringan.

 

KARENA KRISTUS SUDAH BANGKIT, MAKA IA AKAN MEMBANGKITKAN KITA JUGA DAN MEMBERIKAN TEMPAT BERSAMA2 DENGAN DIA DI SORGA.

 

YESUS TELAH BANGKIT!

 

Selamat Merayakan Hari Kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga

 

Kebangkitan-Nya bukan sekadar menjadi cerita sejarah,  melainkan kebangkitan-Nya memiliki kuasa,  melahirkan manusia kembali pada kehidupan yang penuh pengharapan.

 

Apa artinya?

 

Manusia lama yang berdosa,  dijadikan manusia baru dengan harapan-harapan kehidupan baru.

Yang lama,  yang mati dalam kehidupan di segala aspek baik pribadi,  keluarga dan pelayanan, akan hidup bersama kebangkitan Yesus.

 

Kebangkitan Yesus telah mengalahkan maut. 

Dia satu-satunya yang mati dan bangkit dan maut tak berkuasa lagi atas Dia. Dia kekal adanya. Dia hidup,  berkuasa atas hidup dan mati segala makhluk di dunia.

 

Kebangkitan Yesus memberikan harapan-harapan baru,  yang dapat mengangkat kehidupan manusia pada haraapan-harapan baru penuh sukacita di dalam Dia.

 

Kebangkitan Yesus telah membuka terobosan baru,membawa manusia pada sesuatu yang dahsyat di luar nalar, pada kuasa dan keajaiban-Nya.

 

Mari percaya kuasa-Nya.

 

Ingat...

 

Jadikan Tuhan yang utama,  agar kita menikmati kuasa kebangkitan-Nya.

 

"Ialah kepala tubuh, iaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu."

(Kolose 1: 18)..

 

TUHAN YESUS NAIK KE SORGA: JAMINAN BAGI ORANG PERCAYA

 

Kisah Para Rasul 1:6-11

 

"Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."

  (Kisah 1:11b)

 

Shalom ....Salam Damai Sejahtera saudara-saudariku yang terkasih.

 

Dengan kenaikan Tuhan Yesus ke sorga ada jaminan keselamatan dan hidup kekal bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya.  Artinya sorga bukan sekedar impian, angan-angan atau pengharapan kosong, melainkan sesuatu yang pasti, karena Tuhan telah menyediakannya bagi kita;  sebab Ia mau di mana Ia berada di situ pula kita akan berada.  Dunia ini adalah tempat persinggahan sementara, bukan tempat tinggal kita secara permanen.  Rumah atau tempat tinggal kita yang sesungguhnya adalah sorga,  "Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga,"  (Filipi 3:20).

 

     Keselamatan dan hidup kekal menjadi sebuah jaminan yang pasti, sebab Tuhan Yesus telah membuka jalan tersebut melalui pengorbanan-Nya, kematian-Nya, kebangkitan-Nya, dan juga kenaikan-Nya ke sorga sebagai bukti kemenangan-Nya.  Tuhan Yesus berkata,  "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku."  (Yohanes 14:6).  Ada hal menarik dalam peristiwa ini, sebab Ia terangkat ke sorga dalam posisi sedang memberkati murid-murid-Nya, bukti bahwa Ia adalah Tuhan yang sangat peduli.  

"Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu."  (Yohanes 14:18).

 

     Tuhan Yesus naik ke sorga bukan berarti meninggalkan umat-Nya begitu saja, tetapi ada maksudnya:  "Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu."  (Yohanes 16:7).  Dengan kepergian-Nya ke sorga maka Tuhan mengutus Roh Kudus turun ke dunia untuk menyertai, mendampingi, menolong, dan tinggal di dalam diri setiap orang percaya.  Roh Kudus adalah parakletos, berperan sebagai penasihat, pendamping dan penghibur.  Dengan pertolongan Roh Kudus ini umat Tuhan benar-benar sedang dipersiapkan untuk menjadi mempelai-mempelai yang tidak bercacat cela saat Tuhan Yesus datang kembali kali yang ke-2 kelak.

 

Kenaikan Yesus ke sorga berarti  "...keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."  (Kisah 4:12).

 

KEBANGKITAN KRISTUS ADALAH FAKTA

 

🍇 Bacaan :  1 Korintus 15:1-11

 

🍓Ayat Nats : 1 Korintus 15:4

"...Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;" 

 

😴¤ Bagi umat Kristiani Paskah merupakan peringatan hari kebangkitan Yesus Kristus.  Perayaan ini disebut pula dengan Minggu Paskah, Hari Kebangkitan atau Minggu Kebangkitan. 

 

¤ Paskah berasal dari kata bahasa Ibrani Pesakh, yang arti harafiahnya adalah  lewat atau Tuhan lewat. 

 

🥱¤ Hal ini menunjuk pada kisah Perjanjian Lama yaitu peristiwa kematian semua anak sulung di tanah Mesir, baik manusia maupun binatang. 

Di situ Allah berjalan melewati  (pesakh)  setiap rumah yang pintunya ada tanda darah. 

 

¤ Sedangkan rumah-rumah tanpa tanda darah akan mengalami tulah pemusnahan.

 

🤭¤ Pengertian Paskah dalam Perjanjian Baru secara harafiah adalah Kristus telah bangkit;  arti rohaninya adalah Anak Domba Allah yang dikorbankan. 

 

¤ Kematian Yesus Kristus bukanlah kematian yang bisa disamakan dengan kematian para nabi atau tokoh-tokoh besar dunia mana pun, karena mereka mati dan tidak bangkit lagi. 

 

🤫¤ Yesus Kristus mati dan kemudian bangkit pada hari yang ke-3 membuktikan bahwa Dia adalah Tuhan yang hidup dan berkuasa ! 

 

¤ Kebangkitan-Nya merupakan penggenapan apa yang Yesus katakan di Galilea,  "Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga."

(Matius 16:21).

 

👩🌾👉 KebangkitanNya menjadi dasar iman Kristiani.  Kalau Yesus Kristus tidak bangkit dari antara orang mati sia-sialah iman percaya kita, artinya kita akan menjadi orang-orang yang malang, dan tetap hidup dalam kutuk dan hukuman. 

 

*KebangkitanNya juga sebagai bukti bahwa Dia adalah Allah yang hidup dan berkuasa.  "Sebab segala sesuatu telah ditaklukkan-Nya di bawah kaki-Nya." * 

(1 Korintus 15:27a). 

 

👨🌾👇 

Melalui kebangkitanNya pula kita menjadi orang-orang yang telah dibenarkanNya, sebab kalau saja Yesus tidak bangkit, melainkan tetap tinggal di dalam kubur, pekerjaan penebusan tidak akan pernah terjadi. 

 

"Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati." 

Yohanes 11:25 

 

  Dengan demikian kita yang percaya kepadaNya beroleh jaminan kepastian bahwa kita nanti juga akan dibangkitkan dan memiliki kehidupan yang penuh pengharapan.


Posting Komentar untuk "YESUS KRISTUS NAIK KE SORGA"