Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pelantikan Pamong Praja Muda Angkatan XXIX Tahun 2022 Oleh Wakil Presiden Republik Indonesia.

 



Pelantikan Pamong Praja Muda Angkatan XXIX Tahun 2022 

Oleh Wakil Presiden Republik Indonesia.

Lima orang Perwakilan dari Praja Utama yang dilantik langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia. Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin di kantor wakil Presiden.

Mereka terdiri dari satu orang yang merupakan lulusan terbaik dan empat orang Praja Utama yang mewakili berbagai Agama di Indonesia.



AMANAT WAKIL PRESIDEN RI

DALAM RANGKA PELANTIKAN PAMONG PRAJA MUDA IPDN Angkatan 29.

(Jakarta, 02 Agustus 2022).

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

salam sejahtera bagi kita semua

Yang saya hormati mentri kordinator bidang politik hukum dan keamanan

Mentri dalam negeri

Rektor Insitut Pendidikan Dalam Negeri

Hadirin yang berbahagia.


Pertama-tama marilah senantiasa kita panjatkan, puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa. Atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua,sehingga kita dapat menghadiri pelantikan, Pamong Paraja Muda lulusan IPDN Angkatan ke-29 tahun 2022.

Saya merasa berbahagia dan bersyukur bisa melantik para Pamong Praja Muda, para kader, calon pemimpin bangasa di masa depan di pundak saudara tersampir tugas mulia, sebagai penentu nasib bangsa ke depan.

Selamat kepada seluruh Pamong Praja Muda yg dilantik pada hari ini, juga pada Insitut Pendidikan Dalam Negeri IPDN, yang berhasil meluluskan 1.992. Pamong Praja Muda program sarjana terapan ilmu pemerintahan, yang nantinya akan bertugas di seluruh wilayah Indonesia.

Hadirin sekalian IPDN telah mencatatkan riwayat dan kiprah panjang, dalam mendukung kaderisasi kepemimpinan di pemerintahan daerah, selaku penerus legacy ini, Pamong Praja Muda dituntut untuk menjadi pandu, semangat nasionalisme, dan jiwa pancasila secara nyata, serta menjadi perekat, persatuan dan kesatuan bangsa.

Saudara sekalian juga harus memahami, tugas pokok, dan fungsi serta tantangan dan kondisi tempat saudara melakukan pengabdian.

Tidak berhenti di situ, saudara juga harus adaptif terhadap perubahan, dan mampu membangun kolaborasi, dalam berkinerja, berinovasi dan berkreatifitas. 

Dewasa ini penyelenggaraan birokrasi dituntut agar semakin profesional, lincah dan akuntabel.

Saya harapkan, saudara terus aktif menjadi motor penggerak akselerasi, peningkatan kualitas pelayanan publik, hadirkan gagasan segar, serta terobosan untuk eskalasi, efektifitas dan efesiensi jalannya pemerintahan.

Hadirian yang saya hormati, tugas pengabdian kepada masyarakat yang sekarang saudara jalani terus menuntut  kesabaran keuletan dan keteguhan.

Dalam kesempatan ini saya ingin berpesan kepada para Pamong Praja Muda.

Pertama, jadikan penguasaan kompetensi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, sebagai modal kesiapan menghadapi perkembangan zaman. Di sisi lain tetap jaga identias dan jati diri bangsa di tengah tantangan era disrupsi dan kemajuan peradaban.

Kedua, jadikan karakter yg kokoh dan berbudi pekerti luhur sebagai ladasan serta kompas dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Perkuat iman taqwa serta sikap anti korupsi, berikan teladan dalam kejujuran dan profesionalitas, bagi masyarakat dan lingkungan bangun kepekaan terhadap dinamika sosial masayarakat  utamanya mengantisipasi tumbuhnya paham-paham radikasilme, terorisme, dan bahaya narkoba atau zat adiktif lainnya.

Ketiga, jadikan pola pikir budaya kerja dan core value ASN berorientasi pelayanan akuntabel, komprehensif, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif atau berakhlak serta bangga melayani bangsa, sebagai fondasi yang diaktulisasikan dalam keseharian.

Seiring dengan kebijakan reformasi birokrasi nasional kini perluasan kerangka berpikir semakin dibutuhkan , dengan demikian ASN diharapkan tidak lagi berorientasi pada jabatan struktural tapi semakin termotivasi untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas diri dalam mengisi jabatan fungional yang mengutamakan keahlian.

Hadirin yang berbahagia akhirnya, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, secara resmi saya melantik saudara-saudara sebagai Pamong Praja Muda lulusan Insitut Pendidikan Dalam Negeri Angkatan 29 tahun 2022.

Berbekal ketangguhan, moralitas integritas dedikasi, dan daya juang tinggi saya harapkan saudara sekalian, dapat hadir memberikan solusi atas beragam permasalahan bangsa. 

Selamat menjalankan tugas dan amanah yang diberikan, semoga Allah SWT, Tuhan  yang Maha Esa.

Senantiasa memberikan inayah-Nya dan meridhoi setiap ikhtiar yang kita lakukan Bersama.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Video Pelantikan Pamong Praja Utama IPDN ANGKATAN XXIX TAHUN 2022


Sekapur Sirih dari Pentranskrip.

Bhineka Nara Eka Bhakti 

Selamat untuk Kawan-kawan Praja Utama yang sudah dilantik pada hari ini menjadi PAMONG PRAJA MUDA.

Selamat untuk kampus tercinta IPDN, empat tahun kalian dididik, dan ditempa di kawah candra dimuka, di lembah Manglayang yang menyimpan sejuta kenangan. 

Gunung Manglayang yang menjulang, setiap hari seolah menyapa kalian, di kala akan memulai aktivitas kampus, kini akan kalian tinggalkan.

Kalian akan kembali kepada Daerah pengutus dan propinsi yang sudah menanti.

Bawa semangat, amanat dan tanggung jawab yang mereka titip dengan penuh asa kepada kawan Praja Utama yang sekarang telah menjadi Pamong Praja Muda.

Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa, akan menjaga kita senantiasa.

Bhineka Nara Eka Bhakti.. 

(Ditranskrip oleh Septo) Jatinangor, Selasa, 02 Agustus 2022.

Lembah Manglayang.

Kaki Gunung Manglayang.


Posting Komentar untuk "Pelantikan Pamong Praja Muda Angkatan XXIX Tahun 2022 Oleh Wakil Presiden Republik Indonesia."