Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

KHOTBAH MINGGU 02 OKTOBER 2022 THE SIN BENEATH THE SIN

 


Gibeon Church Surabaya.

Tema: THE SIN BENEATH THE SIN

Pengkhotbah Ps.Michael Chrisdion,M.BA


Nas Khotbah:

  • Roma 1:18-25
  • Keluaran 20:3

Alkitab mengasumsikan bahwa kita pasti menyembah Tuhan.

-Kebutuhan terdalam kita adalah menyembah

Orang yang tinggal di daerah terpencil sekalipun pasti punya system kepercayaan atau keagamaan


THE SIN BENEATH THE SIN

Setiap dosa kita ternyata ada sesuatu yang lebih dalam di balik semua dosa itu, karena ada kebutuhan yang membawa kita masuk dalam dosa tersebut.

Ada 3 poin yang akan kita pelajari hari ini;

1. KITA SEMUA MENYEMBAH ALLAH YANG PALSU, APA SAJA ALLAH YANG PALSU ITU?

2. MENYEMBAH ALLAH-ALLAH PALSU ITU ADALAH KEBODOHAN

3. APA YANG HARUS KITA LAKUKAN DENGAN ALLAH-ALLAH PALSU ITU?


Kita akan masuk pada poin yang pertama

1. KITA SEMUA MENYEMBAH ALLAH YANG PALSU, APA SAJA ALLAH YANG PALSU ITU?

Firman Tuhan  dalam Keluaran tadi berkata “Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. Kel.20:3

Alkitab tidak bilang begini “kamu harus perlu Tuhan, kamu harus menyembah Tuhan”  kamu perlu punya Tuhan, tidak begitu. 

“ALKITAB MENGASUMSIKAN KITA PASTI MENYEMBAH TUHAN”

Tetapi masalahnya, pertanyaannya Tuhan yang mana? 

Jadi ayat ini adalah panggilan untuk menyembah Tuhan yang benar, karena  alasan perintah ini dibuat karena dosa yang paling mendasar itu adalah dosa dibalik dosa “the sin BENEATH The Sin” 

Ini adalah masalah utama manusia yang sebenarnya, dengan memahami perintah ini kita jadi sadar, apa sih, siapa diri kita, apa yang menyebabkan kita melakukan apa yang kita lakukan. Berkeputusan memikirkan sesuatu, bukin kita takut, bikin kita kuatir, apa sih? Setiap manusia menyembah sesuatu, kalau ada orang yang bilang aku enggak punya agama, aku enggak percaya Tuhan. Alkitab bilang itu omong kosong, setiap orang pasti punya Tuhan, bahkan orang Kristen bilang aku menyembah Tuhan Yesus, betul. Tetapi kita juga membawa allah-allah lain selain Yesus itulah sebabnya banyak orang Kristen, bisa berdosa di dalam gereja, dan itu kita bawa ke dalam gereja, dan itu kita bawa ke dalam perjalanan iman kita sebagai orang Kristen, dan allah-allah yang lain itu masih tetap ada di dalam kehidupan kita, meskipun mulut kita bilang, kita menyembah Tuhan Yesus, nah ayat-ayat tadi berbicara begini saudara. 

Ayat 25 dikatakan begini

“ Sebab mereka menggantikan kebenaran Allah dengan dusta dan memuja dan menyembah makhluk dengan melupakan Penciptanya yang harus dipuji selama-lamanya, amin.”

because they exchanged the truth about God for a lie and worshiped and served the creature rather than the Creator, who is blessed forever! Amen. (ESV) 

Sebab mereka, mereka ini siapa? Yaitu manusia yang punya kecendrungan untuk menggantikan kebenaran Allah dengan dusta dan memuja dan menyembah makhluk dengan melupakan Penciptanya yang harus dipuji selama-lamanya, amin.”

Nah ayat ini berbicara menyembah, menyembah ciptaan dan melupakan penciptanya.

worshiped and served the creature rather than the Creator,


Ada seorang penyanyi di Amerika Bob Dylan dia bilang begini “ you’re donna have to serve somebody” ) Bob Dylan).

Nah yang menarik ayat tdi berkata “worshiped and served the creature rather than the Creator,

Jadi kita ini melayani seseorang, melayani ciptaan dan bukan pencipta kemudian Bob Dylan dia bilang begini “ you’re donna have to serve somebody” ) Bob Dylan benar isthingnya sebagai artis dia memahami antropologi manusia, kita pasti harus melayani seseorang, atau sesuatu, Alkitab mengatakan kita pasti memuja sesuatu, pati itu, kita pasti hidup dan berjuang untuk sesuatu, kita pasti bersandar akan sesuatu.

Kalau saudara baca buku psikologi, sosiologi, mereka berbicara bahwa kita memiliki kebutuhan, kebutuhan sebagai manusia sosial, kebutuhan psikologis untuk diterima, dikasihi. Itu adalah banyak kebutuhan, tetapi kebutuhn yang terdalam adalah “ KEBUTUHAN UNTUK MENYEMBAH”  DI BALIK SEMUA KEBUTUHAN KITA, DI LUBUK HATI YANG TERDALAM ADALAH KEBUTUHAN UNTUK MENYAMBAH” Itulah sebabnya saudara-saudara enggak akan pernah ketemu sekelompok simpanse sekelompok gorilla menyembah batu yang besar, enggak akan pernah ketemu, kalau saudara pernah ketemua oh iya di kion king, yaitu film suadara ya. Itu kartun, tetapi saudara di alam sebenarnya saudara tidak akan pernah ketemu binatang itu menyembah binatang yang lain, tetapi kalau saudara pergi ke seluruh pelosok, saudara temukan manusia bahkan yang paling primitive,  tidak punya teknologi, masih telanjang, yang masih terbelakang, mereka mempunyai sitem nilai-nilai agama. Kok bisa? Karena kebutuhan manusia yang terdalam adalah menyembah, itulah kebutuhan manusia, kita rela melakukan sesuatu, bahkan berjuang untuk sesuatu itu. 

Roma 12:25

MEMUJA DAN MENYEMBAH makhluk dengan melupakan Penciptanya

WORSHIPED AND served the creature rather than the Creator

WORSHIP & SERVE= OBEY

MENYEMNBAH & MELAYANI = MENAATI


Kata worsip kita memuja sesuatu, hati kita terpikat olehnya, tetapi bukan hanya worship, ternyata kita melayani “serve” kalau di sana memuja dan menyembah kurang tepat karena WORSHIP & SERVE melayani sesuatu itu, artinya apa? Saat hati kita terpaut pada sesuatu kita rela melakukan sesuatu kita rela repot, kita rela melakukan segala-galanya, untuk mendapatkannya, akhirnya kita taat.

Ada orang yang bilang begini, aduh pak saya ini pemberontak, saya ini enggak suka taat sesuatu, oh itu belum tentu saudara, kalau sesuatu itu saudara anggap penting, saudara akan rela melakukannya.

Saya kasih contoh, kadang-kadang kalau melihat stori saya, saya suka sepedaan, bersepeda jam 5 pagi gitu, kadang2 saya sudah fhoto sepedanya, lagi mau berangkat gitu ya, padahal dulu itu saya susah banget bangun pagi itu, tetapi jam 5 pagi koq bisa rela? Trus ada yang bilang waduh ke luar negeri saja bawa sepeda, nah repot, saya enggak bilang kalau sepeda itu berhala saya ya, tetapi kenapa koq saya rela melakukan itu? Ya karena saya melakukan itu, Bersama dengan isteri saya, ada sebuah relationship yang dibangun, kita melakukan sesuatu sama-sama, saya anggap itu berharga dan saya anggap itu penting maka saya rela repot untuk itu, nah begitu juga dengan  berhala.

Berhala itu menunjukan apa yang berharga dalam hidup anda, dan anda rela repot, anda rela, serve, melayani berhala itu dan menaati berhala itu. 

Nah kita akan lihat sama-sama, apa saja si contoh allah-allah palsu itu? 

BAGAIMANA KITA MENYEMBAH, MELAYANI DAN MENTAATI MEREKA? 

Nah saya kasih contoh salah satunya. Yang lagi terkenal di mana-mana dengan maraknya drama Korea, yang menawarkan cerita cinta, romantisme, yang bisa menciptakan pantasi, itu adalah apa?

Yang pertama:

Romance= romantisme

Ini menjadi berhala, masa si pastor? Ini masa bisa menjadi berhala? Yes. 

Saudara ada sebuah lagu dari Michale Buble “ you are nobody until somebody lover you.

You’re nobody till somebody cares.

Now you may be king, you may possess

The world and it’s gold 

Cold won’t ever buy you happiness whaen you’re growing old.

Well, you are nobody until somebody comes and loves you. { Michale Buble}

Artinya begini saudara, lagu ini adalah contoh kongkrit dari konstruksi penyembahan berhala, idol construk. 

Dikatakan begini, ‘ kamu itu bukan orang yang berharga, sampai seseorang itu mengasihi kamu, 

Terus saudara dengerin lagu ini, iya-iya aku kok single ya, aku koq jomblo ya, enggak ada yang cinta sama aku? Saudara dikasih tau papa mamamu, oh beda, ada kesepian yang normal, itu manusiawi, tetapi ada kesepian yang membawa  keresahan, dan membawa keputusasaan, koq bisa ya? 

Ada dua orang, misalnya dua-duanya jomblo, dua-dua single, yang satu oke-oke aja, yang satu oo bisa resah, bisa mengasihani diri, dia bisa despradu, bisa merasa kesepian dan putus asa, kenap yang koq bisa? Karena ada orang-orang yang menyembah romantisme, romantisme menjadi Tuhan mereka, dan kalau Tuhan mereka itu cinta dan saat mereka tidak menemukan cinta, maka seakan-akan, berhala mereka itu bilang, kamu itu terkutuk, kenapa? 

Kamu enggak berharga, kamu tertolak, kamu enggak berarti karena neggak ada yang mencintai kamu, makanya banyak orang merasa sendiri, merasa putus asa, merasa mengasihani diri, bahkan ada yang marah, marah karena marah sama Xnya dulu mutusin dia, bahkan ada yang marah sama semua pria, aku benci sama semua pria, selalu merasa, ada yang kurang dengan dirinya, saya ketemu banyak sekali dan mengkonseling banyak orang, jadi dia merasa dirinya terlalu kegemukan, kurang cantik, minder, kurang ganteng, kita selalu berusaha untuk mendapatkan cinta, kalau saudara menikah apakah bisa saudara membuat ini menjadi berhala? Bisa. 

Saudara kecewa dengan pasangan anda, anda berusaha mengubah pasangan anda, andan merasa pasangan anda enggak seperti dulu, anda rongrong dia, anda tuntut dia….., “kita menyembah dan melayani berhala cinta” 

Yang kedua: Work= pekerjaan/karir

Saudara bekerja itu bagus? Bagus tentu saja, kita sudah pernah belajar teologi of work bahwa, panggilan manusia memang bekerja, ada harkat dan martabat mengenai pekerjaan, tetapi, pada saat pekerjaan yang merupakan hal yang baik ini, menjadi satu-satunya dorongan dan obsesi kita, bahkan kita, bahkan kita juga punya lagu di kepala kita, itu enggak ada lagunya, tapi saya  buat sendiri, “ you are nobody until somebody comes and loves you. “ saya bilang begini, “You are nobody until somebody says you are successful”

Wahh ini saudara, sehingga ini menjadi apa? Harga diri kita penerimaan kita, kita mendapatkan pengakuan, bahwa kamu orang hebat, sampai kamu dibilang sukses, ada orang yang sangat perfeksionis, anda suka memandang rendah orang lain, kenapa? Standarnya tidak setinggi anda, anda melihat bahwa mereka, tidak sehebat anda, akhirnya anda sangat narsis dalam pekerjaan anda, jika ada yang salah dengan pekerjaan anda, ada yang jelek dengan karya anda, ada yang jelek dengan kinerja anda, anda marah. Kenapa?? Karena pekerjaanmu itu mencerminkan siapa kamu, pekerjaanmu itu mencerminkan identitasmu, makanya begitu pekerjaannya hancur, begitu pekerjaannya endak ada, ada yg rela bunuh diri karena pekerjaan itu menjadi signifikansi hidup, akhirnya apa? Ini menjadi berhala kita. Haloo betul saudara, saudara bisa lihat ini?? Yang selanjutnya.

BODY/LOOKS= TUBUH/KECANTIKAN.

Untuk supaya konsisten saya bilang begini ““You are nobody until somebody says you are good looking”

Kamu bukan siapa-siapa sampai kamu itu dibilang, uhh cantik ya. Wihh ganteng ya, wihh keren ya,,, 

Saya pernah lewat ke sebuah toko, ada tulisan body worship, saya tidak masuk, hanya lihat dari luar.

Tapi baju-baju laki-laki maupun perempuan, itu yang dijual di sana, saya tidak beli btw,  itu yang dijual di sana uhhh yang ketat yang menonjolkan bentuk tubuhnya, kalau yang cowo ininya (otot lengan) kelihatan wah, kalau kita semua di sini pakai, tidak ada yang kelihatan looks good lah ya…kecuali yang benar2 fines ya sauadara. Wah ininya luar biasa, yang perempuan bajunya itu selalu menojolkan bentuk badannya, dresh dan roknya menojolkan bentuk aduhainya badan..

Apakah tubuh bisa jadi berhala? Apakah tubuh adalah allah-allah palsu?? Tentu saja, kalau kita terobsesi dengan dia, 

Ada seorang model yang pernah ngobrol sama saya dia bilang begini, paling tidak dia jujur,” if I don’t have my looks I have nothings, kalau aku enggak punya kecantikan, aku enggak punya apa?

Woww ? artinya kecantikan bisa menjadi identitas kita, dan segala-galanya karena itu menjadi sumber harga diri kita, dan ini masalah endak? Of cors tentu saja masalah saudara. 

Kenapa koq ini masalah? Karena tubuh kita menua, tubuh kita merosot, apa yang kencang akan kendor, apa yang kelihatannya tegap akan melorot, semua yang berotot akan berubah manjadi lemak, kolagen-kolagen akan berkurang, saudara kalau semakin tua engguyunya ini endak langsung balik saudara ya, keriputan, waduh ada keriput di sini, keriput di sini wahh, musti di bitos di sana, di suntik di sini, supaya kelihatan apa? Muda, gagah, ganteng, cantik, semua akhirnya menjadi obsesi, dan itu menjadi berhala kita.

Saudara pernah pergi ke tempat fitnesh, kelihatan orang di kaca sedang melihat otot lengan dan tangannya, wauuuu, terobsesi saudara, akhirnya, karena itu menjadi sumber harga dirinya. Saya tidak bilang bahwa semua orang yang seperti itu adalah penyembah berhala, menjadikan tubuhnya, tetapi kalau kita enggak hati2, kita bisa masuk ke sana.

Ada juga yang menyembah

CERTAINITY= KEPASTIAN

“You will nol resl until you know for sure! 

Kamu tahu pasti dalam segala hal resah kuatir, takut enggak tenang, hati mu selalu enggak bisa tenang, selalu kuatir, enggak bisa tidur, kita enggak berani nikah, kenapa? Karena takut nanti dihianati, kita enggak bisa mengambil langkah iman, karena kalau kita mengambil langkah iman kita enggak tau bagaimana masa depan, kita selalu ketakutan tentang itu. Saudara apa yang terjadi kalau kita melakukan itu?  Namanya aja perjalanan iman “ KEKERISTENAN ADALAH PERJALANAN IMAN” Kalau kamu tau pasti ya kamu tidak perlu iman saudara, lho kita lho tidak tau hidup kita 5 menit 10 menit ke depan hidup kita seperti apa? Kita bisa berencana tetapi akhirnya, kalau saudara selalu takut akan ketidak pastian maka saudara tidak akan pernah tenang dalam hidup ini, 

Saudara tahu HANYA ADA SATU KEPASTIAN YAITU APA YANG YESUS LAKUKAN BUAT KITA, KASIH KRISTUS ITULAH YANG SEMPURNA, DAN YANG PASTI. Yang setuju katakana amen. Amen, itu yang sempurna, tetapi ada orang yang bilang gini, iya pastor saya ngerti Tuhan Yesus itu sempurna Tuhan Yesus itu pasti, iya Puji Tuhan, tetapi kalau saya enggak ada yang mencintaikan saya harus memastikanlah orang yang saya nikahi ini benar2 bisa mencintai saya atau tidak.

Saudara saya kasih tau, ya kalau sdaudara bilang seperti itu, 

Iya nice Tuhan Yesus mengasihi aku pasti, ya  bagus, tetapi cintanya orang itu, penerimaannya orang itu, kesuksesan itu lebih penting, dari pada kasih Kristus, akhirnya apa? Ini jadi berhala, kita buat berhala itu sumber indentitas kita, sumber kepuasan kita, kita semua punya Tuhan, kita semua punya tuhan selain TUHAN yang BENAR. Dan masalah manusia, yang selalu menjadi masalah manusia adalah selalu ada penyembahan berhala di dalam hati kita. 

Nah saudara ada yang bilang begini, pengakuan orang itu penting, apalagi pengakuan mertua, pengakuan temanku, sehingga akhirnya apa? Meskipun pengakuan Kristus bagi kita, kelihatannya kita bilang indah, peting, tetapi akhirnya kita lebih menghargai pengakuan dan penghargaan manusia. Sehingga itu menjadi berhala bagi kita. 

Makanya Roma 1: 22-23 

“Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh. Mereka menggantikan kemuliaan Allah yang tidak fana dengan gambaran yang mirip dengan manusia yang fana, burung-burung, binatang-binatang yang berkaki empat atau binatang-binatang yang menjalar.”

Mereka menggantikan, Bahasa aslinya exchange = menukar kemuliaan Allah yang tidak fana dengan gambaran yang mirip dengan manusia yang fana, JADI THE ESSENCE OF IDOLATRY IS EXCHANGING

ESENSI DARI PENYMBAHAN BERHALA ATAU ALLAH-ALLAH PALSU adalah penukaran yang asli dengan yang palsu.

“penyembahan berhala dimulai dengan pemalsuan Tuhan, karena hanya dengan Tuhan yang palsu, seseorang dapat tetap menjadi pusat kehidupan dan merasa memiliki otonomi atas hidup dan masa depan mereka. Berhala adalah suatu ciptaan yang kemudian dibesar-besarkan menjadi Tuhan untuk mengisi lubang yang berbentuk Tuhan di dalam hati manusia di dalam kehidupan di dunia ini.

Jadi sebenarnya manusia itu pengen jadi tuhan, dan dia pake ciptaan untuk jadi allah-allah palsu mereka. Untuk mengisi kekosongan dalam hati mereka.

Jadi kalau saya bisa definisikan penyembahan berhala itu apa” THE DEFINITION OF IDOLATRY: AN IDOL IS ANYTHING WE SUBSTITUTE FOR GOD” Definisi penyembahan berhala “berhala adalah segala sesuatu yang menggantikan posisi Tuhan” 

Saya kasih contoh satu lagi, ini sangat relevan akhir-akhir ini dan mungkin ini bisa mempengaruhi anak-anak kita,

Emotion/self-expression= emosi/pengekspresian diri.

Sehingga bilang begini “ II can’t be wrong if ii feels so right” segala sesuatu pokoknya yang baik, segala sesuatu yang fillinggood aku harus mengekspersikan diriku, aku tidak bisa tahan dengan negatifait, kalau terlalu banyak negatifait aku perlu healing, waauuu saudara ya…aku perlu healing supaya aku filgood, aku harus jadi diriku sendiri, aku enggak bisa dikelilingi oleh orang-orang yang punya negatifait, ini adalah emosionalisme, emosi jadi tuhan. Destiny holywood khotbah ini, setiap hari. Lewat neetflix lewat tik-tok, lewat Instagram, semuanya propaganda culture itu adalah emosionalisme.

John Pipre berkata begini;

“ musuh terbesar dari cinta kepada Tuhan bukanlah iblis, tetapi pemberian-Nya… berkat-Nya, seperti makanan, minuman, dan kopi yang enak, gardening dan membaca buku dan dekorasi, dan treveling dan berinvestasi, dan menonton tv, dan main game, internet dan shopping, dan berolahraga dan mengkoleksi barang-barang dan semua yang lain yang bisa manjadi pengganti Tuhan yang mematikan”
Waoo

Tdi saya bilang banya orang Kristen terus berdosa di dalam gereja, di dalam pelayanan, di dalam ibadah, anda bilang kita Kristen, kita menyembah Tuhan Yesus betul, tapi kita harus tahu, kita juga bawa berhala-berhala.

Kalau saudara melayani, dan tidak mendapatkan yang saudara inginkan:

Kita isi tes ini secara cepat.

TES HATI UNTUK ORANG KRISTEN;

Aku sudah ibadah tapi kok……. Silahkan isi

Aku sudah setia tapi kok……belum dapat jodoh

Aku sudah taat tapi kok…..bisnisku empot-empotan

Ngapain aku buat ini dan itu buat Tuhan, kalau nyatanya….. 


Apa yang menjadi emosimu?, apa yang menjadi kemarahanmu??

Kalau kita masih bilang hal-hal yang ada tertera di sini, kita semua sebenarnya, menyembah berhala di dalam gereja, artinya saudara kita bilang apa?

Ibadah kita, kesetiaan kita, ketaatan kita, hal-hakl yang kita lakukan itu, bernilai spiritualitas, itu sebenarnya untuk mandapatkan, mendapatkan yang terutama, mendapatkan apa yang kamu mau itu tadi. Dan itu adalah berhala kita, apa itu? 

Periksa hati kita, makanya Rasul Paulus berbicara dalam suratnya kepada jemaat di Roma mengenai orang Yahudi yang agamawi sebenaranya hatinya jauh 

Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar. Sebab, oleh karena mereka tidak mengenal kebenaran Allah dan oleh karena mereka berusaha untuk mendirikan kebenaran mereka sendiri, maka mereka tidak takluk kepada kebenaran Allah. (Roma 10:2-3).

Jadi saudara2 bisa beribadah, saudara2 bisa melayani Tuhan, tetapi saudara bisa saja menyembah berhala, ini adalah kengerian yang terlihat di dalam banyak anak2 Tuhan. Kita pikir kita menyembah Tuhan, tapi kita sebenarnya menggunakan Tuhan untuk berhala kita.

Kita akan masuk ke point yang ke dua. 

2. MENYEMBAH ALLAH-ALLAH PALSU ITU ADALAH KEBODOHAN

Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap. Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh. (Rm.1:21-22). 

ARTINYA PENYEMBAHAN BERHALA BUKAN HANYA SALAH. TETAPI KEBODOHAN BELAKA, BUKAN HANYA BERDOSA, TETAPI TIDAK BERGUNA.

Allah2 palsu tidak akan mampu bertahan di dalam menghadapi tantangan realita kehidupan. Tidak bisa

Saya kasih contoh 3 saja;

Pertama: PENDERITAAN (SUFFERING).

Penderitaan akan membuat kita sadar, bahwa apa yang kita andalkan selain Tuhan, allah-allah palsu, berhala-berhala kita tidak dapat menolong kita. Saat ada penderitaan for example pandemic, menunjukan apa? Meskipun kamu punya duit, kamu belum tentu dapat kamar rumah sakit, betul atau enggak saudara? Meskipun kamu punya koneksi, kamu telpon sana-sini belum tentu dapat kamar, untuk merawat kamu, pada zamannya delta itu, banyak orang yang punya duit akhirnya harus dipanggil Tuhan, kenapa? Karena kalau saudara andalkan dan semua uang itu menjadi berhala kita, ternyata tidak bisa menyelamatkan kamu, tidak bisa mendampingi kamu, tidak bisa menyembauhkan kamu, kalau kamu punya kecantikan, kita punya kecantikan, kita punya uang, kita punya koneksi, tidak bisa menolong kita sering kali. Kenapa banyak orang merasakan semuanya sia2 saat mengalami penderitaan, musibah, kedukaan, KARENA SESUATU YANG KITA ANGGAP BERHARGA, BERHALA KITA, ALLAH-ALLAH PALSU KITA, TIBA-TIBA ENGGAK ADA HARGANYA SAMA SEKALI, TIBA2 MEANINGLASH tidak bisa menolong kita, berhala kita ternyata tidak berguna, berhala kita ternyata kebodohan.

Saya punya seseorang yang dekat dengan saya,,lebih dari setahun yang lalu, mungkin 15 tahun yang lalu, saya pernah punya seorang teman yang masih muda, dia kena kanker dan dia waktu itu di ICU, dan dia ngomong sama saya, dia panggil saya ko Mik, kita ini enggak akan pernah tau apa yang berharga dalam hidup ini, sampai kita ini berada di atas tempat tidur, di dalam ruang ICU, 

Kita pikir kita ganteng, kuat, muda, umurnya masih 28 tingginya 185 saudara2, main basket, kuat, ganteng, dia bilang “waktu aku di ICU aku sadar, semua ini, sudah enggak ganteng lagi sdaudara, selang di mana-mana. Kita pikir kita punya sertifikat, piagam penghargaan, pencapaian, medali, buku, tabungan sertifikat tanah, itu semua tiba-tiba tidak ada gunanya, kenapa? Karena di dalam penderitaan tiba2 allah-allah palsu itu, jadi meaninglesh, karena tidak bisa menolong kita. 

Yang kedua contoh allah-allah palsu itu tidak bisa menolong kita?

HUBUNGAN-RELATIONSHIP

Ada orang-orang yang bilang gini, pastor aku endak cari kok kesuksesan, aku ini hidup untuk keluargaku, saudara pernah ketemu dengan seseorang yang mengatakan sebuah fhoto keluarganya family is everything. Kalau kamu menjadikan keluargamu atau hubungan itu menjadi suatau berhala, kamu hidup buat keluargamu, family is everything, kita hidup buat papa mama kita, kita hidup buat anak2 kita, buat isteri, buat suami kita, bagus tidak? Bagus. Tetapi kalau hubugan, keluarga kita, hubungan kita, pengakuan kita, penerimaan kita, kita jadikan identitas kita, dan tolak ukur kebahagiaan kita, ini akan hancur. 

Gimana kalau mereka mengecewakan kita? 

Gimana kalau mereka menolak kita? 

Gimana kalau suamimu menceraikan kamu? 

Gimana kalau orang tuamu konflik dengan kamu? 

Gimana kalau kita ditinggal mati sama pasangan kita? 

Gimana kalau anak kita dipanggil Tuhan? Apa yang terjadi, kita akan hancur, makna hidup kita akan jadi berantakan, kita akan kehilangan pegangan.

Yeremia 2:28 

Nabi Yeremia bicara kepada orang Israel yang saat itu menyembah berhala, yang sedang ada di dalam pembuangan. 

“Di manakah para allahmu yang kaubuat untuk dirimu? Biarlah mereka bangkit, jika mereka dapat menyelamatkan engkau pada waktu malapetakamu! Sebab seperti banyaknya kotamu demikian banyaknya para allahmu, hai Yehuda!”

Berhala, allah-allah palsu tidak bisa menyelamatkan kita, kalau hubungan itu kita jadikan berhala, hubungan yang fana di dunia sangat rentan, bisa mengecewakan, dan yang pasti kematian akan pasti memisahkan kita. 

Yang ketiga< HATI NURANI (CONSCIENCE).

Hati Nurani itu akan menolak kamu, saya sering berjumpa ya sama orang yang bilang begini, aduh pastor saya menyesal banget keputusan hidup saya saya enggak bisa ngampuni diriku, aduh coba, jadi ngomongnya gini saudara “ aduh coba o dulu aku endak kawin sama dia, aduh coba aku endak investasi itu, sekarang uripku endak soro pastor, aduh aku ini nyesel.

Banya orang yang ternyata seperti ini’ memiliki penyesalan memiliki rasa kekecewaan terhadap diri sendiri belum bisa moveon dari kesalahn masa lalu, kenapa? Karena begini, waktu kita menyembah berhala, berhala itu menjanjikan sesuatu, dan kita ingin mengejar itu, waktu kita gagal, waktu kita endak mampu mendaptakan pencapaian, mendapatkan uang, pekerjaan, penerimaan, ternyata enggak cantik, ternyata engak dikasihi, endak di love, endak mendapatkan romantisme, kita gagal. Apa yang terjadi? HATI NURANI KITA NYALAHIN KITA” kita merasa bersalah. Tukan kamu memang gagal, kamu memang enggak berharga, kamu memang goblok. Akhirnya apa? Kita minder, kita ngasihani diri sendiri, kita orang gagal, kanapa>??

Karena berhala kita enggak bisa menolong kita, berhala kita hanya menuduh kita akhrinya, sehingga akhirnya kita hidup dalam perasaan bersalah, karena berhala hanya bisa janji tetapi tidak bisa menepati, tetapi waktu kita tidak mampu mencapainya? Apa yang terjadi, kita dihukum, dituntut, itulah berhala, beda sama TUHAN, TUHAN JANJI TUHAN MENEPATI JANJI-NYA, TUHAN MENDAMPINGI KITA DI DALAM JANJI-NYA, BAHKAN MENGAPLIKASIHAKN JANJI-JANJI-NYA, DALAM HIDUP KITA. ITU YANG TUHAN LAKUKAN. 

Tetapi berhala, tidak pernah melakukan itu. Nah saudara apa yang terjadi kalau kita hidup dalam penyembahan berhala?? Salah satu hal yang mengerikan, yang disampaikan dalam perikop ini adalah, di ayat 24

“ Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada keinginan hati mereka (THE DESIRE OF THEIR HEAR= LUST) akan kecemaran, sehingga mereka saling mencemarkan tubuh mereka.” 

Karena itu Allah menyerahkan mereka Ini adalah bentuk murka Allah karena enggak bisa ngomong sama orang yang menyembah berhala ini, karena mereka begitu obsesi sama berhala, mereka akhirnya apa yang terjadi?  Allah menyerahkan mereka. Katakana sama-sama MENYERAHKAN.

Nanti kita akan kembali kata-kata menyerahkan, kepada apa? Keinginan hati mereka.  THE DESIRE OF THEIR HEAR= LUST (hawa nafsu mereka). Dan saudara tau dalam Bahasa aslinya EPYTHYMIA.

LUST/THE DESIRE OF THEIR HEARTS  EPYTHYMIA.– CRAVING, DESIRE.

Keinginan hati-nafsu-dambaan.

EPYTHYMIA. Epyenter epydesire = menaruh sesuatu di tengah hati mereka, Tuhan membiarkan mereka, menyerahkan mereka, pada berhala mereka, itu adalah bentuk murka Allah, membiarkan berhala itu menjadi pusat kehidupan mereka. 

Ada seorang pujangga Inggris Namanya Oscar Wilde dia bukan Kristen btw, tapi dia tau tentang keadaan hati manusia,, seorang pujangga bekata begini “ WHEN THE GODS WISH TO PUNISH US, THEY ANSWER OUR PRAYERS”. Waktu dewa-dewa, tuhan-tuhan mau menghukum kita, tuhan-tuhan itu menjawab doa kita, = maksudnya begini saudara, ini bukan orang Kristen, tapi bisa mendapat filosopi yang bahaya, orang Kristenkan paling seneng kalau doanya dijawab ya? Betul atau enggak? Siapa di sini enggak kepingin doanya dijawab? Enggak ada yang angkat tangankan?? Pasti kepingin doanya dijawabkan saudara2, tapi Oscar Wilde tahu, ketika dia mendapatkan hal2 yg diinginkan hatinya, itu bisa jadi kabar buruk, kenapa? Karena kalau hati kita mendapatkan apa yang dia mau, orientasi hati kita ini rusak, hati kita ini terobesesi dengan berhala, terhadap hal-hal yang fana, hal terburuk yang TUHAN lakukan adalah memberi memberi apa yang anda inginkan, padahal it justru menjerumuskan kita masuk dalam penyembahan berhala. 

Tahukan kita bahwa giftover =menyerahkan itu sebenarnya artinya menyerah kepada musuh, ini adalah ayat yang luar biasa Paulus berkata “ musuhmu adalah keinginan hatimu yang paling kuat”  keinginan hati yang menyembah berhala itu, 

HAL TERBURUK SEBENARNYA YANG TUHAN LAKUKAN ADALAH MEMBERI ANDA DAN SAYA KEHIDUPAN YANG BAIK KELIHATANNYA, TETAPI ITU SEMUA MAU MEMBAWA KEPADA KEBINASAAN, wawww. Jadi saudara2 kadang2 kalau kita mendapat sesuatu yang kita inginkan, tetapi ternyata hal yang kita inginkan itu justru menjerumuskan kita, jangan Bahagia dulu, dan bilang itu berkat Tuhan, karena sebenarnya bisa saja, ITU ADALAH BENTUK MURKA ALLAH DALAM HIDUP KITA. 

Nah kalau ada hal2 yang mungkin belum terkabul dalam hidupmu dan anda sekarang sedang bergumul, ada kemungkinan ITU JUSTRU BENTUK KEBAIKAN TUHAN,  yang setuju katakan amen. 

Jadi kita kadang2 perlu berubah dengan cara pikir kita, terhadap Tuhan, sering kali kalau kita minta sama Tuhan, kemudian Tuhan kabulkan, wahh yeee kayaknya kita senang bangett, padahal belum tentu

Lihat yang terakhir: 

3. APA YANG HARUS KITA LAKUKAN DENGAN ALLAH-ALLAH PALSU ITU?

Nah saudara tdi kita baca di ayat 25

“Sebab mereka menggantikan kebenaran Allah dengan dusta dan memuja dan menyembah makhluk dengan melupakan Penciptanya yang harus dipuji selama-lamanya, amin.

Jadi apa yang harus kita lakukan?

DIBALIK saudara dibalik ini, JANGAN PERCAYA SAMA DUSTA, GANTI DUSTA SEKARANG 

MERENUNGKAN KEBENARAN. MENGGANTI DUSTA DENGAN KEBENARAN, MENYEMBAH TUHAN & BUKAN BERHALA

Saya memberikan kepada saudara 3 langkah praktis, saya jarang sekali memberikan langkah praktis, tetapi saudara perlu langkah praktis ini, ini untuk direnungkan, nanti kalau saudara mau merenungkannya Bersama-sama dengan care group saudara masing2, nah ini luar biasa.

Yang pertama adalah:

3A. TELUSURI EMOSI KITA & EKSPOS BERHALA KITA

Apa maksudnya? Gini saudara, coba cek hatimu, apa yang membuat kamu kuatir? Apa yang membuat kamu takut? Apa yang membuat kamu marah? Kata-kata apa yang muncul dipikiran yang membuat kita mungkin jadi resah, insecure, kata2 seperti apa? Kalau saudara cari, telusuri, kata2 seperti ini; “tukan kamu endak ada yang nyintai kamu to? Kamu bukan somebody, your not somebody until somebody love you” berarti mulai, wah ternyata, berarti aku ini menyembah romantisme, atau aku menyembah cinta.

Atau mungkin kata2 yang ada di pikiran saudara, saudara marah kenapa? Seakan-akan saudara ini belum mencapai kesuksesan, kamu belum sukses, kamu belum orang, kamu masih bedet, kamu belum dianggap hebat, sehingga akhirnya apa? Kesuksesan, pekerjaan, itu jadi tuhanmu,  mungkin ada yang membuat kamu insecure, kamu jelek, kamu enggak cantik, liato kamu jerawatan, liat o kamu kurang putih, liat o  sekarang kamu gemuk, kamu enggak ganteng, kurang keren, akhirnya apa? Good looking, kemolekan, kecantikan, itu jadi berhala kita. Kita kuatir resah, nah kita harus bilang gini. 

Berhala kamu enggak real, kamu ini this is not the thruth, harus diekspos, kita harus liat, kalau kamu punya emosi, itu artinya kamu kayak alaram tet, tet, tett, ada berhala, ada berhala, berhala sedang mencoba menyiksa kamu,,,berhala sedang berusaha menipu kamu,.. saudara harus lihat itu, telusuri emosi kita, ekspos berhala kita… 

Saudara tahu ya, saat kita mengalami krisis dalam kehidupan kita, karena suatu kebutuhan, ada orang yang bilang, saya lho selalu doa pastor, minta tolong Tuhan, tapi doaku tidak dijawab, tdi saya sudah bilang, saya ulangi lagi,, TUHAN TIDAK SELALU MENJAWAB DOA. UNTUK MENYADARKAN KITA & MENGEKSPOS BERHALA HATI KITA. Yang setuju katakana amen..

Kita perlu sadar, jadi kadang2 Tuha endak jawab, kadang2 Tuhan mengizinkan kita mengalami hal2 yang enggak enak, menggunakan suffering yang ada di dalam dunia ini, dan tidak selalu menjawab kita, karena hanya saat kita mengalami penderitaan, kita SADAR BAHWA BERHALA KITA ADALAH ALLAH PALSU. KITA BARU SADAR KITA BUTUH TUHAN YANG ASLI, DAN HIDUP DI DALAM KEHIDUPAN KITA. 

3B. KITA PERLU BERTOBAT DAN BERDUKA ATAS BERHALA KITA

Apa maksdunya berduka saudara? Karena selama ini kamu disiksa sama berhalamu, kamu rela mengorbankan keluargamu, kamu rela kesehatanmu demi kesuksesan, kamu nyakiti anakmu, kamu nyakiti pasanganmu demi harga dirimu.

Akhirnya apa yang terjadi, orang2 di sekeliling kita ini, banyak yang tersakiti gara2 keegoisan kita, penyembahan berhala kita, kita perlu berduka, dan yang paling menyedihkan adalah kita disiksa oleh berhala kita, mana enak si saudara, selalu resah, selalu kuatir, kenapa? Karena kita merasa endak pasti, saudara hidup itu banyak sekali seperti itu, saya selalu bilang beginikan orang2 yang ingin mendapatkan penerimaan, “kita menghabiskan uang yang kita tidak punya, membeli barang yang kita tidak perlu, untuk diterima sama oran2 yang tidak kita sukai, bayangkan lho, hidup seperti itu.

Apakah itu merupakan suatu kebahagiaan, yang diberikan TUHAN?? No, saudara disiksa, kita perlu bertobat, yang setuju katakana amen…

Kita perlu berduka aduh Tuhan enough is enough, aku enggak mau disiksa.

Saudara saya masih ingat isteri saya itu pernah mengalami anoreksia, beliau sekarang sedang di Amerika, jadi enggak bisa kasih kesaksian, tetapi saya masih ingat, waktu dulu habis melahirkan akan pertama, naik 25 kg, terus dia fitness ke tempat fitness bisa 3 kali, dia bisa situp 350 kali, dia juga bisa naik timbangan sehari itu bisa 10 kali, bangun tidur tibang, habis kencing timbang. Habis beol nimbang, habis makan nimbang, minum, kencing nimbang lagi, wah habis kardio nimbang lagi, jadi obsesi, saudara sampai akhirnya dia bertobat, sampai akhirnya dia mendapat kelepasanlah dari Tuhan, dia merenungkan Injil dan mendapat, suatu kemerdekaan, akhirnya dia makan itu dengan suatu damai, terus dia bilang gini, aku enggak sadar lho Mike aku disiksa oleh body images, gambar diri yang rusak ini, bertahun-tahun.

Saudara lihat, berduka dan bertobat ini akan melepaskan kita. Dan yang terkahir;


3C. BERSUKA AKAN INJIL & MENYEMBAH YESUS DENGAN MELIHAT KEINDAHAN-NYA.

Saudara mungkin berkata aduhh ini mungkin teori yang bagus pastor, tapi gimana melakukannya?

INI GOSPELNYA:

Saudara siapa yang bisa bersuka dan menyembah Yesus secara terus-menerus tanpa berhenti, 

Jujur kita sebagai manusia, kita selalu jatuh ke dalam doa, kita begitu mudah tergoda, kit aitu begitu lihat ada yang beling2 sedikit aduhh, kita terpikat olehnya, terpukau dengan hal yang kelihatannya indah? Kalau ada yang kilap2 sedikit, kalau ada yang seksi, kalau ada yang jeduk-jeduk, kalau ada yang lampunya blem-blem, aduhhh kita selalu terpikat olehnya, betul atau tidak???

Kita semua selalu terpikat dengan hal-hal yang duniawi ini, allah-allah palsu itu terlalu indah buat manusia yang fana dan berdosa ini, siapa yang bisa BERSUKA DAN MENYEMBAH YESUS TERUS-MENERUS?? TANPA BERHENTI?

Di Alkitab, ada makhluk yang bisa menyembah Yesus, terus menyembah TUHAN, tanpa berhenti, Namanya malaikat, tetapi dari situ kita bisa mendapatkan petunjuk, ternyata ITU JUSTRU RAHASIANYA, UNTUK KITA BISA MENANG TERHADAP allah2 palsu.

1 Petrus 1:10-12

Ini berbicara tentang rencana penebusan Allah melalui Yesus Kristus, yang disampaikan kepada para nabi, SUPAYA MANUSIA BERDOSA penyembah2 berhala ini, diselamatkan KEINDAHAN TUHAN, HIKMAT TUHAN YANG TERTINGGI, dibicarakan disini, dikatakan begini, Petrus bicara sama gereja, 

Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu. Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu. Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat. (THE ANGELS LONG TO LOOK).


INI GOSPELNYA. KABAR BAIKNYA

Ada yang menarik di sini: dibilang bahwa rencana yang indah itu, hikmat yang luar biasa itu, malaikat-malaikat itu, ngeliat itu,  dan tiap kali mereka melihat itu, mereka MEMUJI TUHAN, TERUS MENERUS, THE ANGELS LONG TO LOOK. Dengarkan saya 

THE ANGELS LONG TO LOOK itu apa, kita tadi sudah bahas aslinya EPYTHYMIA.

Para malaikat itu  EPYTHYMIA 

LUST/THE DESIRE OF THEIR HEARTS  EPYTHYMIA.– CRAVING, DESIRE.

KEINGINAN MEREKA ADALAH MELIHAT= MELIHAT KRISTUS, MELIHAT KEINDAHAN KRISTUS.

Saya sampai cari apa artinya ini?? Saya cari beberapa komentari, 

GAIRAH TERDALAM DARI HATI PARA MALAIKAT ITU DIPUASKAN WAKTU MELIHAT KASIH, DAN KEINDAHAN DAN HIKMAT KRISTUS, MEREKA BERSUKACITA KARENA INJIL.

MEREKA MENYEMBAH DAN MENYANYIKAN PUJIAN, PADAHAL KABAR INJIL ITU BUKAN UNTUK MEREKA LHO.

Kabar INJIL ITU UNTUK saudara dan saya, mereka tidak dapat bagian, tetapi waktu mereka lihat itu, mereka bilang ini lebih bagus, ini lebih indah, dari pada semua ciptaan TUHAN, jadi gimana solusinya??

Satu-satunya cara, dengarkan saya, 

UNTUK MENGUBAH KASIH KITA, MENYEMBUHKAN KASIH KITA YANG RUSAK, ADALAH MENEMUKAN KASIH YANG LEBIH BESAR DARI APA yang berhala2 dan allah-allah palsu, semua yang kilap2 yang seksi2, semua yang duniawi itu tawarkan, itu tidak ada bandingannya,  SAMA YANG LEBIH INDAH INI. 

Saya kasih contoh, kalau saudara punya telpon yang paling mahal, saudara punya telpon yang paling canggih, baru keluar, terus saudara pergi ke WTC, biasanya kalau kita lewat yang jualan telpon biasanya, orang2 itu berkata sini ko ada promo, murah ko, murah,  saudara lewat, aasss enggak level, betul enggak?? Ini lho kak, telponnya bagus, saudara pasti bicara dalam hati punya saya jauh lebih uapik. Sama saudara, prinsipnya sama saudara, waktu allah2 palsu itu menawarkan dirinya, kecantikan, kesuksesan, kekayaan, penerimaan, penerimaan teman, penerimaan mertua, dikasihi, kegantengan, itu semua ngomong-ngomong, saudara bilang AKU PUNYA YANG LEBIH BERHARGA. 

MELALUI INJIL KITA MELIHAT KASIH YANG LEBIH BESAR.

DARIPADA YANG DITAWARKAN OLEH ALLAH-ALLAH PALUS.

Sehingga Injil menjadi  EPYTHYMIA kita

Kristus menjadi EPYTHYMIA kita

Sehingga yang menjadi obsesi kita bukan lagi kesuksesan tetapi KRISTUS. 

Yang menjadi Hasrat kita bukan lagi kegantengan, bukan lagi kecantikan, kemolekan, keseksian, bukan itu. 

TETAPI YANG MENJADI HASRAT HATI KITA ADALAH INJIL KRISTUS. KARENA ITU JAUH LEBIH INDAH. 


Mungkin saudara tanya? Seperti apa yang lebih indah itu? Kasih yang lebih besar itu?

Kalau tadi di Roma satu sebagai tanda murka Allah, Allah menyerahkan mereka.

Katakan sama2 MENYERAHKAN, menyerahkan mereka kepada apa? Kepada nafsu mereka, para penyembah berhala diserahkan kepada keinginan mereka., penyembah berhala, kita semua, diserahkan kepada nafsu kita, 

TETAPI APA YANG ALLAH RENCANAKAN? APA YANG ALLAH LAKUKAN?

DENGARKAN SAYA Yohanes 3:16 berkata

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” 

Menyerahkan, Anak-Nya yang Tunggal, mengaruniakan, untuk saya dan saudara.

Roma 8:32 kata yang sama MENYERAHKAN

  “ Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?” 

Efesus 5:25 bicara tentang suami dan isteri

“ Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya” 

 

DIA YANG TIDAK MENGANGGAP KESETARAAN DENGAN ALLAH,

MENGOSONGKAN DIRI-NYA.

MERENDAH, MENYERAHKAN DIRI-NYA, MENGAMBIL RUPA MENJADI SEORANG HAMBA, SAMA DENGAN MANUSIA, TAAT SAMPAI MATI, MATI DI KAYU SALIB. 

YANG PENUH MENGOSONGKAN DIRI-NYA.

YANG TINGGI MERENDAH. 

SANG RAJA MENGAMBIL RUPA MENJADI SEORANG HAMBA

SANG KEHIDUPAN MATI DI KAYU SALIB. Untuk apa? 

BERTUKAR TEMPAT, DENGAN KITA PENYEMBAH BERHALA,  kita yang diperhamba oleh allah2 palsu, mestinya kita yang dihukum,. TETAPI DIA YANG MERENDAH, DIA YANG MENGAMBIL RUPA SEORANG HAMBA UNTUK APA? UNTUK MENEBUS KITA. 

SUPAYA KITA TIDAK LAGI DIPERHAMBA, oleh berhala, tidak lagi diperhamba oleh dosa, tidak lagi diperhamba oleh allah2 yang palsu, KITA DIMERDEKAKAN UNTUK BISA MENYEMBAH ALLAH YANG HIDUP.

KITA DIMERDEKAKAN SUPAYA SAUDARA DAN SAYA TIDAK LAGI DISIKSA 

Timothy Keller berkata “YESUS HARUS MENJADI LEBIH INDAH BAGI IMANJINASI ANDA, LEBIH MENARIK BAGI HATI ANDA, DARIPADA BERHALA ANDA, ITULAH YANG AKAN MENGGANTIKAN ALLAH-ALLAH PALSUMU”.

Hari ini kita perlu bertobat karena kita  EPYTHYMIA, hal2 yang fana. Mari KITA SAMA-SAMA PANDANG KEPADA KRISTUS.

KITA EPYTHYMIA INJIL-NYA, EPYTHYMIA KARYA-NYA DAN KASIH-NYA.


IMPLIKASI:

KARENA INJIL = KITA MELIHAT EMOSI KITA MENUNJUKAN BERHALA KITA 

KARENA INJIL= KITA DISADARKAN DARI KEFANAAN ALLAH-ALLAH PALSU SERTA MELIHAT KEINDAHAN KRISTUS

KARENA INJIL= DALAM SETIAP MUSIM HIDUP KITA, HATI KITA TETAP TENANG (REST) KARENA KRISTUS CUKUP BAGI KITA.

KARENA INJIL= KEBANGGAAN KITA BUKAN APA YANG ADA DI DUNIA MELAINKAN KARYA SALIB KRISTUS


Ditranskrip Oleh: Septo, Minggu, 02 Oktober 2022 (Lembah Manglayang Jatinangor).







  







Posting Komentar untuk "KHOTBAH MINGGU 02 OKTOBER 2022 THE SIN BENEATH THE SIN"