Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Khotbah Minggu, 13 November 2022.




Khotbah Minggu, 13 November 2022.

GPI PAUK PRAJA IPDN Jatinangor.

Tema: Respons atas anugerah Tuhan 

Oleh: Pdt. Dr. Yabes Marbun dari GBI Mission Center Jakarta Utara. 


Nats: Yesaya 12:1-6.

1 Pada waktu itu engkau akan berkata: "Aku mau bersyukur kepada-Mu, ya TUHAN, karena sungguhpun Engkau telah murka terhadap aku: tetapi murka-Mu telah surut dan Engkau menghibur aku.

Sungguh, Allah itu keselamatanku; aku percaya dengan tidak gementar, sebab TUHAN ALLAH itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku."

Maka kamu akan menimba air dengan kegirangan dari mata air keselamatan.

Pada waktu itu kamu akan berkata:

"Bersyukurlah kepada TUHAN, panggillah nama-Nya, beritahukanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa, masyhurkanlah, bahwa nama-Nya tinggi luhur!

Bermazmurlah bagi TUHAN, sebab perbuatan-Nya mulia; baiklah hal ini diketahui di seluruh bumi!

Berserulah dan bersorak-sorailah, hai penduduk Sion, sebab Yang Mahakudus, Allah Israel, agung di tengah-tengahmu!"

Hal apa saja yang kita dapat dari Tuhan??? Kita diselamatkan. 

Apa yang Tuhan telah berikan kepada kita?? 

Dalam Yohanes 3:16 di sana dikatakan “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini sehingga Ia telah mengaruniakan anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”.

 Jadi yang Tuhan berikan kepada kita Anak yang Tunggal 

Apakah kamu pernah beri yang terbaik untuk Tuhan?


Moro-moro memberikan yang terbaik untuk Tuhan.  Saudara diminta memberikan persembahan waktu ke gereja saudara singgah di warung, lalu memecah uang, saudara membeli rokok, membeli Aqua, membeli permen, lalu pecahannya saudara berikan untuk persembahan. Atau saudara pura-pura ke pergi ke toilet saat dan waktu memberi persembahan.

Namun anugerah yang besar bagi kita orang berdosa yang tidak layak sebenarnya Roma 3: 23 dikatakan di sana “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah” 

Namun tidak berhenti di situ, dilanjutkan dengan Roma 3:24 dikatakan “Oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus”

Anugerah, adalah kemurahan hati Allah yang tak pantas diterima oleh orang yang tidak layak menerimanya.

 Jaminan keselamatan di dalam Yohanes 10:27- 28 disana dikatakan “Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikuti Aku. Dan Aku akan memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku”.

 Ingat Tuhan yang berjanji adalah Tuhan yang setia, Dia tidak pernah ingkar terhadap janji-Nya.

 Mungkin saudara punya pacar, saat pacaran saudara berkata kepada pasangan, sayang saya tidak punya apa-apa selain dirimu,  tapi yang perempuan berkata tidak apa-apa engkau tidak punya apa-apa, aku rela menerima kamu apa adanya. Saya sudah jujur berkata bahwa saya tidak punya apa-apa waktu kita masih pacaran, selain dari pada cinta saya yang besar kepada kamu. Siapa suruh kamu bilang cieee, ciee so sweet. Akhirnya sekarang kamu kecewa. Setelah bersama dengan dia yg tidak punya apa-apa..

Hari ini kita akan belajar, Apa respon kita atas anugerah Tuhan??

I. Yang Pertama mendengarkan suara Tuhan Yohanes 10:27 .

Mendengarkan suara Tuhan lewat apa?? Kita suka dengan firman Tuhan, kita membaca Alkitab setiap hari, karena itu adalah makanan bagi roh kita, yaitu firman Tuhan, karena ketika kita memiliki roh yang kuat, dia akan bertahan di tengah-tengah tantangan, dia tidak mudah menyerah saat ada penderitaan. tidak mudah galau, karena roh diberikan asupan yang baik.

Sebaliknya kalau orang tidak kuat, kita seringkali kecewa, marah, sering kali protes saat ada masalah sedikit, namun orang yang punya roh yang kuat, saat di tengah tantangan dia tidak gampang kepahitan, tidak gampang menyerah tidak gampang marah, ada sedikit saja masalah dia kepahitan. 

Tetapi orang yang suka akan firman Tuhan cinta akan firman Tuhan dalam Mazmur 1:1-3 di sana dikatakan ia akan ditanam seperti pohon yang di tepi aliran air yang menghasilkan buahnya pada waktunya apa saja yang diperbuatnya berhasil. Punya akar yang kuat, tidak mudah menyerah.

 Mari kita baca Firman Tuhan setiap hari,  mengisi kebutuhan roh, kita berapa kali saudara membaca Facebook membaca Instagram dan lain-lain. Saudara lebih mementingkan itu semua, padahal Tuhan sudah berikan waktu kepada kita waktu 24 jam setiap hari.  Seberapa Intens sodara membaca kitab membaca firman Tuhan,  dalam Yohanes 10 tdi di ayat 27 Tuhan Yesus memakai analogi domba, domba yang tidak bisa hidup tanpa tuntunan, hidup kita harus sesuai dengan arahan Tuhan, kita membaca Alkitab setiap hari, karena kita adalah manusia yang cenderung berbuat dosa, itu sebabnya kita butuh asupan gizi yang baik untuk roh kita, itu yg mendorong kita untuk bertahan di tengah tantangan.

 Yang kedua respon atas anugerah Tuhan; 

II. Dikenal oleh Tuhan Yohanes 10:27 

Yang menjadi pertanyaan, Apakah Tuhan mengenal kita?? Bukan hanya kita yang mengenal Tuhan karena di dalam Matius pasal 7:22-23 di sana dikatakan;

“Pada hari terakhir Banyak orang akan berseru kepadaku Tuhan-Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu, juga pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata Aku tidak pernah mengenal kamu. Enyahlah dari padaku kamu sekalian pembuat kejahatan”

Kata mengenal Di sini di dalam bahasa Yunani menggunakan istilah di "Ginosko" artinya “intim”, punya hubungan yang intim dengan Allah.  Dikatakan bahwa Dia/Yesus tidak intim dengan orang-orang ini. 

Jadi jangan saudara bangga ketika saudara-saudara melayani Tuhan, berkotbah jadi terjadi Singers, jadi WL. 

Sudah melayani Tuhan itu bukan standar untuk kita dikenal oleh Tuhan Yesus. 

Lalu bagaimana cara supaya, saya dan saudara dikenal oleh Tuhan?? 

Kita komunikasi dengan Tuhan setiap hari, Komunikasi itu kan dua arah, ada dialog, bukan monolog. 

Kita membaca firman Tuhan, itu bentuk Tuhan berbicara kepada kita, dan kita mendengarkan Tuhan berbicara. 

Tetapi pada saat yang sama juga kita berkomunikasi yaitu lewat doa-doa kita. 

Berapa Jam kita berkomunikasi dengan Tuhan setiap harinya??

Tuhan memberikan waktu kepada kita 24 jam dalam sehari.

Mari kita berkomunikasi dengan baik dengan Allah kita.

Saudara yang punya istri saudara berkomunikasi dengan istri saudara, dengan anak saudara, dengan keluarga besar saudara, komunikasi yang baik itu akan menolong keluarga Anda supaya intim.

Mari saudara curhat dengan Tuhan bukan curhat dengan tetangga, saudara nanti viral kalau curhat dengan tetangga. 

Jadi jangan bangga ketika saudara sudah melayani Tuhan, sudah WL, singers, berkotbah.

 Itu bukan standar supaya diterima oleh Tuhan.

Mari kita harus berdoa, berkomunikasi dengan Tuhan.

Wujud keintiman kita.

 Yang ketiga Apa respon kita atas anugerah Tuhan?


III. Mengikut Yesus Matius 16:24

“lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya, setiap orang yang mau mengikuti mengikut Aku ia harus menyangkal dirinya memikul salibnya dan mengikut Aku”.

 Artinya butuh pengorbanan, saat saudara mengikut Yesus.

Bagaimana Yesus telah hidup di dunia ini,  orang menyakiti saudara mengampuni, jangan sedikit-sedikit ada masalah saudara takut, putus asa, menyerah, kecewa.

Karena teologi Yesus memang berbanding terbalik dengan dunia ini, dunia berkata tampar pipi kanan, kasih kaki kiri,  Namun, Yesus berkata tampar pipi kanan, kasih juga pipi kirimu. Dunia berkata hemat pangkal kaya, tetapi di dalam firman Tuhan di katakan, Siapa yang menyebar harta malah bertambah kaya/berkelimpahan atau berkelebihan, namun yang menghemat secara luar biasa malah kekurangan.

 Ini yang berbanding terbalik, saudara mengikuti Yesus karena dia Sang Gembala yang mengasihi kita, yang memberikan nyawa-Nya, berkorban buat kita orang yang berdosa,

 Inilah respon kita terhadap anugerah Allah.

Kita mengikut Yesus Yesus. 

Inilah tiga hal yang kita pelajari;

Sebagai respon atas anugerah Tuhan dalam kehidupan kita 

I. Kita mendengarkan suara Tuhan 
II. Yang kedua kita dikenal oleh Tuhan 
III. yang ketiga kita mengikut Yesus 

Dia Sang Juruselamat yang mengasihi saudara, yang tidak pernah meninggalkan saudara sendirian Dia ada di setiap musim kehidupan kita, Dia ALLAH Imanuel yang bersama dengan saudara, dan yang memampukan saudara hidup di tengah-tengah dunia yang penuh tantangan ini.

Mari berserah dan percaya kepada Dia, sebagai satu-satunya Tuhan dan Juruselamat secara pribadi.. 

Tuhan menolong kita. Amin...


(Saran dan masukan untuk pengkhotbah: Maaf, untuk Point Khotbah, seharusnya diambil DARI TEKS ALKITAB YANG MENJADI NATS BACAAN, bukan malah ambil dari Ayat dan  bagian lain). Teks yang dibaca tidak dikupas dan dijelaskan sama sekali.


(Ditranskrip Oleh Septo, Lembah Manglayang.

Khotbah Minggu, 13 November 2022. GPI PAUK PRAJA IPDN Jatinangor.)


Posting Komentar untuk "Khotbah Minggu, 13 November 2022."